Jakarta (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan hujan berintensitas ringan hingga lebat dan kabut asap melanda sejumlah kota besar di Indonesia, Jumat.

Dilansir dari laman www.bmkg.go.id, hujan ringan akan mengguyur wilayah Banda Aceh. Sedangkan kabut asap diperkirakan menyelimuti wilayah Jambi, Banjarmasin, Palangkaraya, dan Palembang.

Pada siang hari, hujan ringan berpeluang turun di wilayah Banjarmasin, Samarinda, Tanjung Pinang, Bandar Lampung, Manokwari, Padang, dan Medan.

Sedangkan hujan lebat disertai petir akan mengguyur Banda Aceh dan Bandung. Adapun kabut asap diperkirakan akan melanda Jambi, Palangkaraya, dan Palembang.

Memasuki malam hari, hujan ringan berpotensi membasahi wilayah Banda Aceh, Samarinda, Bandar Lampung, dan Jayapura. Sementara Medan akan diguyur hujan berintensitas lebat. Wilayah Jambi, Palangkaraya, dan Palembang diselimuti kabut asap.

Hujan berintensitas ringan masih akan mengguyur beberapa kota besar di Indonesia pada Sabtu (7/10) dini hari, seperti di Banda Aceh, Bandar Lampung, Pekanbaru, dan Mamuju.

Adapun wilayah Medan akan diguyur hujan lebat disertai petir. Sementara itu, Kabut asap masih akan menutupi wilayah Jambi, Banjarmasin, Palangkaraya, dan Palembang.

Warga yang tinggal di daerah-daerah yang diperkirakan mengalami hujan dengan intensitas sedang hingga lebat sebaiknya meningkatkan kewaspadaan untuk menghadapi kemungkinan terjadi genangan atau banjir.

Sedangkan warga yang tinggal di daerah terdampak kabut asap sebaiknya memakai masker saat beraktivitas di luar ruangan.

Baca juga: Panas terik, BMKG: Suhu udara di NTB capai 37 derajat Celsius
Baca juga: BBMKG: Awal musim hujan di Bali pertengahan November 2023
Baca juga: Kamis, sebagian besar Jakarta cerah berawan pada pagi dan malam hari

Pewarta: Fathur Rochman
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2023