Tetaplah mengabdi untuk bangsa dan negara, sukses Jakarta sadar hukum warganya.
Jakarta (ANTARA) -
Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) RI Yasonna H. Laoly menyampaikan penghargaan dan apresiasi kepada Pj. Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono beserta jajaran yang telah mendukung Kemenkumham dalam melaksanakan tugas peningkatan kesadaran hukum masyarakat melalui program Kelurahan Sadar Hukum.
 
Yasonna menyampaikan hal itu saat meresmikan 68 kelurahan sadar hukum di DKI Jakarta bertempat di Sasono Langen Budhoyo Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur, Jumat.
 
"Hal ini sangatlah membanggakan dan DKI Jakarta menjadi provinsi pertama di Indonesia dengan jumlah capaian 100 persen dalam pembentukan kelurahan sadar hukum," ujar Yasonna dalam keterangan tertulisnya.
 
Menkumham juga mengapresiasi para wali kota, camat, dan lurah yang telah berhasil memasyarakatkan hukum di wilayahnya.
 
Pelaksanaan kegiatan peresmian 68 kelurahan sadar hukum di DKI Jakarta pada tahun ini adalah suatu pencapaian besar dan wujud adanya sinergi antara Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta dengan pemerintah provinsi dan kabupaten/kota administrasi di DKI Jakarta.
 
Yasonna berharap peresmian ini dapat menjadi pemicu untuk meningkatkan kinerja, integritas, dan kontribusi membangun hukum di Provinsi DKI Jakarta.
 
Upaya peningkatan kesadaran hukum masyarakat, kata dia, dapat terus dilanjutkan dan ditingkatkan. Peningkatannya melalui pola pembangunan yang selaras dengan upaya meningkatkan perekonomian nasional dan kualitas kehidupan sosial ekonomi masyarakat sesuai dengan slogan Provinsi DKI Jakarta "Sukses Jakarta untuk Indonesia".
 
Ia mengingatkan kepada jajarannya untuk tetap melakukan pemantauan dan pembinaan berkelanjutan terhadap kelurahan yang telah berstatus kelurahan sadar hukum.
 
"Tetaplah mengabdi untuk bangsa dan negara, sukses Jakarta sadar hukum warganya," pungkas Yasonna.

Baca juga: Menkumham-Reclassering Nederland bahas KUHP baru
Baca juga: Menkumham tekankan pentingnya AALCO atasi isu hukum internasional
 
Pada kesempatan yang sama, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta Ibnu Chuldun mengungkapkan rasa bangga bahwa saat ini di DKI Jakarta sudah 267 kelurahan atau telah mencapai 100 persen kelurahan yang berpredikat sebagai kelurahan sadar hukum.
 
"Hal ini tak lepas dari upaya pembinaan oleh para penyuluh hukum kantor wilayah yang bekerja sama dan bersinergi dengan BPHN, Pemprov DKI Jakarta, serta aparat penegak hukum dan stakeholder lainnya," kata Ibnu.
 
Kegiatan peresmian kelurahan sadar hukum ini juga dirangkaikan dengan pemberian penghargaan Paralegal Justice Award kepada 18 lurah dan Restorative Justice Award kepada tiga bintara pembina desa (babinsa) dan tiga bhayangkara pembina keamanan dan ketertiban masyarakat (bhabinkamtibmas) dalam upaya meningkatkan kesadaran hukum masyarakat dan penyelesaian masalah di luar pengadilan.
 
Dalam kegiatan tersebut, Menkumham juga melakukan penandatanganan Prasasti Kelurahan Sadar Hukum secara simbolis yang disaksikan oleh Pj. Gubernur DKI Jakarta dan kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta serta para wali kota dan Bupati Kepulauan Seribu.

Pewarta: Fianda Sjofjan Rassat
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2023