Jadi memang ada bikin pola travel untuk semua kabupaten/kota, memang karena publikasi kurang
Cirebon (ANTARA) -
Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Cirebon, Jawa Barat, mengenalkan tur wisata penerbangan kepada turis sebagai langkah untuk menambah kunjungan wisatawan dan mendongkrak pendapatan asli daerah (PAD) dari sektor tersebut.
 
Kepala Disbudpar Kota Cirebon Agus Sukmanjaya di Cirebon, Sabtu, menjelaskan paket wisata itu bekerjasama dengan Proflight Pilot School selaku operator yang menjalankan aktivitas penerbangan di Bandara Cakrabhuwana Cirebon.
 
"Jadi memang ada bikin pola travel untuk semua kabupaten/kota, memang karena publikasi kurang. Proflight sudah ada penerbangan satu jam mengelilingi wilayah Cirebon dan ke Pangandaran," katanya.
 
Ia mengemukakan tur wisata mengelilingi langit Cirebon menggunakan pesawat Cessna itu, sudah berjalan sejak beberapa tahun ke belakang dengan tarif Rp4 juta untuk sekali perjalanan.
 
Dalam pelaksanaanya, kata dia, pesawat Cessna itu dapat menampung tiga orang turis dan satu pilot yang akan membawa untuk melihat Cirebon dari atas udara.
 
"Perjalanan di langit Cirebon Rp4 juta dengan durasi setengah jam, penumpang tiga orang ditambah satu pilot," ujarnya.
 
Agus menyebutkan pada 12 Oktober 2023, pihaknya akan mengajak Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat untuk mencoba pola travel dari Cirebon menuju Pangandaran.
 
Ia menuturkan rute perjalanan itu termasuk salah satu paket wisata penerbangan yang disiapkan guna menghubungkan aktivitas pariwisata dari satu daerah ke daerah lain.
 
"Saya ajak beliau naik pesawat cessna sekalian promosi. Kalau ke Pangandaran sudah berjalan. Yang reguler misalnya Rp11 juta berangkat pagi ke Pangandaran dan sore pulang," katanya.
 
Menurut dia, paket wisata itu diperuntukkan bagi masyarakat utamanya dari kalangan menengah ke atas sebagai tur perjalanan premium.
 
Selain perjalanan pergi-pulang, wisatawan dapat mengikuti seluruh rangkaian atau kegiatan wisata di Pangandaran.
 
"Ini wisata, makanya kita buat paketnya seperti bulan madu. Kalau Pangandaran kita sudah kerja sama dengan salah satu hotel. Ada paket city tur Pangandaran, dua hari satu malam paket Rp15 juta," ucap dia.

Baca juga: Sambutan hangat dan pesona budaya Kota Cirebon yang pikat turis asing
Baca juga: Kunjungan wisata di Kota Cirebon melampaui target lebih dua juta

Pewarta: Fathnur Rohman
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2023