Jakarta (ANTARA) - Sebanyak 400 pesepeda memeriahkan hari pertama Tour of Kemala Banyuwangi yang berlangsung di Pantai Marina Boom, Banyuwangi, Sabtu.

Dilansir dari keterangan resmi, jarak tempuh yang dilombakan hari ini mencapai 128 km dan terdiri dari delapan kelas yaitu Men Elite, Men Junior, Men Master A, Men Master B, Men Master C, Men Open, Women Elite, dan Women Junior.

“Selamat kepada para pemenang yang telah bertanding hari ini. Saya harap para pemenang dapat ikut mempromosikan keindahan alam yang ada di Banyuwangi dan sekitarnya,” kata Wakil Direktur Utama Bank Artha Graha Internasional Christina Harapan selaku perwakilan dari salah satu sponsor utama kejuaraan saat menyerahkan hadiah kepada pemenang.

Tour of Kemala 2023 yang mengangkat tema “Berkarya untuk Negeri” terbagi dalam dua kategori race (balapan), yaitu sejauh 128 km untuk peserta profesional nasional dan internasional di hari pertama, serta lomba tour sejauh 55 km yang diikuti peserta nonprofesional pada hari kedua.

Ajang ini juga menjadi salah satu kegiatan internasional yang mempromosikan sejumlah destinasi wisata di Banyuwangi, di antaranya Pantai Marina Boom, Kawah Ijen, Pantai Plengkung, Pantai Pulau Merah, Pantai Sukamade, dan Taman Nasional Baluran.

Dalam edisi kedua kejuaraan kali ini juga diikuti oleh sejumlah atlet nasional Indonesia, seperti Aiman Cahyadi peraih medali perak di SEA Games 2023, ada juga Bernard Van Aert, dan Terry Yudha Kusuma.

Selain itu Tour of Kemala 2023 juga diikuti oleh peserta dari empat negara yakni Thailand, Filipina, Malaysia, dan Australia.

Berikut daftar pemenang Tour Of Kemala Banyuwangi pada race 128 km:

1. Men Elite : Jamalidin Novardianto
2. Men Junior : Rasya Ramadhani
3. Men Master A : Elan Riyadi
4. Men Master B : Kurniawan
5. Man Master C :Bambang Wahyudi
6. Men Open : Rifqi Rafansyah Hutomo
7. Woman Elite : Maghfirotika Marendra
8. Women Junior : Andini Putri Ananstasya
​​​​​​​
Baca juga: Ribuan pesepeda bakal meriahkan Tour of Kemala Banyuwangi
Baca juga: Atlet balap sepeda Uzbekistan diskors dari Asian Games Hangzhou
​​​​​​​
Baca juga: Atlet balap sepeda Filipina diskors akibat positif doping

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2023