Jakarta (ANTARA) - Ribuan pesepeda bakal memeriahkan Tour of Kemala Banyuwangi yang akan berlangsung pada 7-8 Oktober di Banyuwangi.

Dilansir dari keterangan resmi, Jumat, Tour of Kemala Banyuwangi dimulai dari Pantai Marina Boom dan melewati sejumlah destinasi wisata di kota berjuluk Sunrise of Java tersebut. Tour of Kemala kali ini merupakan penyelenggaraan edisi kedua yang digelar di lokasi berbeda. Pada tahun sebelumnya, kegiatan gowes yang diinisiasi Yayasan Bhayangkari Indonesia ini diselenggarakan di Belitung yang diikuti sekitar 600 peserta.

Sedangkan pada edisi kali ini, Banyuwangi dipilih karena memiliki variasi rute tanjakan panjang dengan kombinasi jalan datar untuk menguji ketahanan dan kekuatan pesepeda.

Dalam sejarah balap sepeda Indonesia, rute di wilayah Banyuwangi telah melahirkan atlet-atlet berprestasi dan menjadi tempat pembinaan atlet nasional sampai sekarang.

Di ajang tersebut, Tour of Kemala juga merangkul 150 pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dengan turut memasarkan produksi UMKM lokal untuk membantu membangkitkan perekonomian masyarakat.

Baca juga: Rendy Sanjaya juarai 76 Indonesian Downhill 2023

Sedangkan Bank Artha Graha Internasional sebagai salah satu sponsor utama dalam kegiatan ini juga memberikan dukungan penuh agar kegiatan tidak hanya mengangkat potensi pariwisata lokal tapi juga membangkitkan UMKM setempat.

“Ini merupakan tahun kedua kami berpartisipasi di Tour of Kemala. Kami melihat potensi dan dampak besar yang bisa dihasilkan dari kegiatan ini untuk masyarakat setempat. Kami juga berharap ajang ini dapat menjadi wadah mencari bibit unggul atlet sepeda Indonesia,” kata Sekretaris Perusahaan Bank Artha Graha Internasional Elvin Halim.

Elvin Halim juga menambahkan sebagai bentuk dukungan dalam menyukseskan kegiatan ini, pihaknya memberikan banyak promo menarik bagi para peserta dan masyarakat yang hadir.

“Kami memberikan promo cashback untuk peserta dan pengunjung yang berbelanja di tenant yang ada di dalam area event Tour of Kemala. Kami juga menyediakan sport massage hanya dengan membayar Rp1 dan berbagai permainan menarik lainnya di booth kami," kata Elvin Halim.

Kejuaraan balap sepeda tersebut dibagi menjadi dua kategori yaitu, 128 kilometer dan 55 kilometer dengan masing-masing kelas memperebutkan hadiah total ratusan juta rupiah.

Baca juga: JBL Ride 2023 jadi ajang bertemunya penggemar balap sepeda Indonesia
Baca juga: Raja Sapta Oktohari ditunjuk menjadi penasehat balap sepeda ASEAN


Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2023