Jakarta (ANTARA) - Pembalap Red Bull Max Verstappen dipastikan meraih titel sebagai juara dunia F1 untuk yang ketiga kalinya setelah keluar sebagai runnerup pada Sprint Grand Prix Qatar di Sirkuit Losail, Minggu WIB.

Gelar ketiganya ini sekaligus hattrick juara dunianya dua musim secara beruntun

Dengan hasil ini, Verstappen kini menyamai Jack Brabham, Jackie Stewart, Niki Lauda, ​​Nelson Piquet dan Ayrton Senna, yang memiliki gelar yang sama di Formula 1 sepanjang masa.

“Saya tidak tahu harus berkata apa. Ini adalah tahun yang luar biasa. Terima kasih untuk tim karena telah memberikan saya mobil sebagus itu. Saya hanya ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua orang di sini, di trek, di pabrik karena telah mengerahkan seluruh upayanya,” kata Verstappen, dikutip dari laman resmi Formula 1.

“Untuk bisa mencapai sesuatu seperti ini, saya tidak bisa cukup berterima kasih kepada kalian semua (tim) untuk kinerja, kerja sama, yang merupakan dua hal penting. Terima kasih banyak,” ujarnya menambahkan.

Musim ini, kini Verstappen telah mencatatkan sebanyak 13 kemenangan, dengan 10 di antaranya merupakan kemenangan beruntun bersama mobil RB19 yang ia tunggangi.

“Tentu saja, ini perasaan yang luar biasa. Ini merupakan tahun yang luar biasa, banyak balapan hebat. Tentu saja, saya sangat bangga… dan menjadi juara dunia tiga kali rasanya sungguh luar biasa,” kata pembalap Belanda itu.

Sementara itu, ketika ditanya apakah dia sudah mengincar gelar di masa depan, Verstappen tak memberikan jawaban yang detail.

“Kita lihat saja apa yang terjadi. Saya menikmati momen ini dan semoga saja kami dapat mempertahankan momentum ini untuk sementara waktu,” kata dia.

Di sisi lain, Verstappen berjuang keras untuk menempati posisi kedua dalam balapan Sprint Grand Prix Qatar, finis di antara duo McLaren Oscar Piastri dan Lando Norris.

Piastri memulai balapan dengan 19 lap di posisi terdepan. Setelah sempat kehilangan keunggulan dari George Russell (Mercedes) di tengah strategi ban yang berlawanan, rookie tersebut melawan untuk meraih kemenangan F1 pertamanya.

“Saya sangat senang! Itu adalah balapan yang sangat menegangkan,” kata Piastri.

Sementara itu, balapan utama GP Qatar masih akan bergulir pada Senin WIB.


Baca juga: Mercedes sebut sudah mulai lakukan pembaruan mobil untuk 2024
Baca juga: Red Bull kembali nantikan persaingan dengan Mercedes di F1 musim 2024
Baca juga: Red Bull kembali nantikan persaingan dengan Mercedes di F1 musim 2024
Baca juga: Hamilton minta Mercedes beri upaya terbaik untuk saingi Red Bull


Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2023