Karawang (ANTARA) - Sekretaris Daerah Pemerintah Kabupaten Karawang, Acep Jamhuri, berharap agar Pengurus Daerah Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Karawang, Jabar, menjadi penggerak kemajuan ekonomi syariah di wilayah Karawang.

"Pengurus Masyarakat Ekonomi Syariah Karawang harus bisa menjadi penggerak kemajuan ekonomi syariah di Karawang yang halal dan punya pasar  potensial  yang luas," kata Acep, di Karawang, Minggu.

Ia mengatakan, Karawang yang dihuni penduduk mayoritas muslim bisa menjadi modal besar agar ekonomi syariah berkembang maju. Namun yang perlu diperhatikan, masih banyak masyarakat yang belum tahu mengenai ekonomi syariah.

"Bagaimana bentuk ekonomi syariah, aplikasirnya seperti apa, itu menjadi tugas para pengurus Masyarakat Ekonomi Syariah Karawang untuk memberikan edukasi ke masyarakat," katanya.

Hal tersebut harus dilakukan agar kehadiran Masyarakat Ekonomi Syariah Karawang bisa lebih dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat.

"Jadi MES harus bisa hadir di tengah-tengah masyarakat dan turut aktif menyediakan solusi atas berbagai permasalahan yang muncul," kata dia.

Selain itu juga diharapkan agar Masyarakat Ekonomi Syariah Karawang bisa menjembatani kepentingan para pengusaha muslim, baik yang tergabung dalam asosiasi maupun mandiri.

Menurut dia, hak yang paling utama ialah Masyarakat Ekonomi Syariah Karawang dapat membantu masyarakat dalam meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan sikap kewirausahaan sehingga mereka bisa mandiri dalam bidang ekonomi.

Masyarakat Ekonomi Syariah merupakan organisasi nirlaba yang bertujuan untuk mengembangkan dan mempercepat penerapan sistem ekonomi dan keuangan syariah di Indonesia.

Masyarakat Ekonomi Syariah ini juga sebagai wadah yang inklusif dalam menghimpun seluruh sumber daya yang ada dan membangun sinergi antar pemangku kepentingan. 

Baca juga: Erick Thohir kembali terpilih menjadi Ketua Umum MES

Baca juga: Wapres sebut MES miliki banyak prestasi

Pewarta: M.Ali Khumaini
Editor: Nurul Aulia Badar
Copyright © ANTARA 2023