Begitu masuk ke Banyuwangi saya sangat terkejut meski di paling ujung timur Pulau Jawa, ternyata daerahnya sangat indah
Banyuwangi (ANTARA) - Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo memuji keindahan alam Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, saat berkunjung ke kabupaten ujung timur Pulau Jawa itu untuk melepas gelaran balap sepeda Tour of Kemala 2023, Minggu.

"Begitu masuk ke Banyuwangi saya sangat terkejut meski di paling ujung timur Pulau Jawa, ternyata daerahnya sangat indah. Terlebih melihat tamannya dan pendopo yang berusia ratusan tahun ini, yang dijaga kelestarian dan keindahannya. Luar biasa," ujar Kapolri di Pendopo Sabha Swagata Banyuwangi.

Sigit yang juga Ketua Umum PB Ikatan Sepeda Sport Indonesia (ISSI) hadir di Banyuwangi antara lain untuk melepas Tour of Kemala tahun ini, ajang balap sepeda yang diikuti lebih dari 1.400 peserta dari berbagai daerah.

Dia menyatakan bahwa Banyuwangi sangat potensial untuk dikembangkan sebagai lokasi penyelenggaraan berbagai kegiatan ISSI, terlebih Banyuwangi sebelumnya juga telah konsisten menggelar berbagai agenda sepeda mulai kompetisi internasional Tour de Banyuwangi Ijen, kompetisi internasional BMX, hingga kompetisi sepeda donwhill di kawasan Gunung Ijen.

"Saya dapat informasi kalau lintasan di Banyuwangi cukup panjang, jalannya saja 600 kilometer. Destinasi wisata alamnya juga banyak dan cocok untuk kegiatan olahraga. Sangat menarik untuk digunakan kegiatan-kegiatan ISSI," kata Sigit.

Sementara itu, Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Kapolri sekaligus Ibu Bhayangkari yang telah memberikan kepercayaan pada Banyuwangi sebagai lokasi penyelenggaraan agenda balap sepeda tingkat nasional.

Terlebih agenda ini telah memberikan dampak ekonomi yang luar biasa bagi daerah. Selain pesepeda yang berjumlah 1.400 orang, total beserta kru dan pendamping ada 4.000 orang yang datang ke Banyuwangi untuk menyemarakkan Tour of Kemala 2023.

"Hotel-hotel kami penuh dan UMKM juga menjadi semakin laris sejak beberapa hari terakhir ini. Event Tour of Kemala menjadi berkah ekonomi yang luar biasa bagi Banyuwangi," tutur Ipuk.

Bupati pun menyampaikan bahwa dengan adanya agenda balap sepeda Tour of Kemala semakin memperkuat posisi Banyuwangi sebagai destinasi sport tourism, khususnya olahraga sepeda. Karena sebagaimana yang disampaikan Kapolri, Banyuwangi memang memiliki bentang alam yang sangat cocok sebagai lokasi beragam agenda olahraga. Salah satunya banyak kawasan hutan yang asri dan hijau.

"Banyuwangi ini cukup unik, kami dikelilingi tiga taman nasional. Khusus untuk Taman Nasional Alas Purwo tracknya cukup panjang sangat cocok untuk event sepeda, belum lagi kekayaan flora dan faunanya serta budayanya yang khas sangat menarik untuk dikunjungi. Semoga lain kesempatan Bapak Kapolri dan Ibu bisa berkunjung kesana," ujar Ipuk.

Dalam agenda balap sepeda Tour of Kemala itu dihadiri pula Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Abdullah Azwar Anas, Ketua Umum Bhayangkari Juliati Listyo Sigit Prabowo, Kapolda Jatim Irjen Pol Toni Harmanto, serta segenap jajaran Mabes Polri.

Tour of Kemala 2023 diselenggarakan atas kolaborasi Kemala Bhayangkari dan PB Ikatan Sepeda Sport Indonesia (ISSI), dengan start-finis di Pantai Boom Banyuwangi, 7-8 Oktober 2023.

Tour of Kemala 2023 dibagi menjadi dua kategori, yaitu kategori race dengan jarak 128 kilometer dan kategori fun bike dengan jarak 55 kilometer.

Para peserta melewati beberapa lokasi wisata dan tempat-tempat ikonik di Banyuwangi seperti, Taman Sritanjung, Simpang Lima, Desa Adat Wisata Osing Kemiren, hingga Bandara Banyuwangi yang merupakan bangunan berarsitektur terbaik dunia dalam ajang Aga Khan Award 2022.

Pewarta: Novi Husdinariyanto
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2023