Gaza, Palestina (ANTARA) - Jalur Gaza mengalami hari paling mematikan dalam 15 tahun terakhir setelah serangan Hamas ditanggapi Israel dengan serangan udara yang membunuh 300 warga Palestina dalam 24 jam, menurut pejabat Palestina.

Korban tewas termasuk bayi kembar berusia tiga bulan, yang tewas bersama ibu dan tiga saudara perempuannya dalam serangan udara pada Sabtu di Khan Younis di Jalur Gaza selatan, kata anggota keluarga.

Sedikitnya 10 orang tewas dalam serangan yang menghancurkan empat rumah tersebut. Tim penyelamat masih berusaha menemukan korban selamat di reruntuhan pada Minggu.

Juru bicara utama militer Israel menyebut serangan yang dilakukan oleh pejuang Hamas, yang menewaskan sedikitnya 700 warga Israel dan menculik puluhan orang, sebagai "pembantaian warga sipil tak berdosa yang terburuk dalam sejarah Israel" sehingga tanggapan yang diberikan juga keras.

Kementerian Kesehatan di Jalur Gaza yang dikuasai Hamas telah melaporkan 370 warga Palestina tewas sejauh ini, dan 2.200 lainnya terluka, dengan hampir 300 orang tewas pada Sabtu, jumlah terbesar warga Palestina yang terbunuh di Gaza akibat serangan Israel dalam satu hari sejak tahun 2008.

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu telah berjanji akan melakukan "pembalasan besar atas hari yang jahat ini".

Di Gaza, Sabreen Abu Daqqa, warga yang berhasil dikeluarkan dari puing-puing rumah yang terkena dampak serangan di Khan Younis, terbangun di rumah sakit dan mengetahui tiga anaknya tewas, dua di antaranya terluka, dan nasib anak keenam tidak jelas.

"Semuanya runtuh menimpa kami. Anak-anak saya ada di sekitar saya," katanya.

Suara perempuan tersebut lemah saat berbicara dari rumah sakit. Dia memanggil anak-anaknya dari bawah reruntuhan, tapi tidak mendengar jawaban. "Mereka mulai membersihkan puing-puing di tubuh saya sedikit demi sedikit. Mereka membutuhkan waktu tiga jam," katanya.

Serangan udara Israel di Gaza dimulai segera setelah serangan Hamas dan berlanjut sepanjang malam hingga Minggu, menghancurkan kantor dan kamp pelatihan kelompok tersebut, serta rumah dan bangunan lainnya.

Abu Daqqa dan warga dari tiga rumah lainnya yang hancur akibat serangan udara tersebut mengatakan bahwa mereka tidak menerima peringatan dini dari Israel, dan mengatakan bahwa hal ini berbeda dari rangkaian pemboman sebelumnya di mana pasukan keamanan Israel telah memanggil warga untuk meminta mereka mengungsi sebelum serangan terjadi.

Militer Israel, yang sering menuduh Hamas sengaja beroperasi di perumahan dan bangunan sipil lainnya, menolak berkomentar.

Tentara Israel mengatakan jet tempurnya telah menghancurkan 800 sasaran militan sejauh ini di Jalur Gaza. Salama Marouf, kepala kantor media pemerintah Hamas, menolak pernyataan ini sebagai "kedok untuk membenarkan agresi pendudukan terhadap warga sipil dan properti warga."

Di kota Rafah, yang berbatasan dengan Mesir, serangan udara Israel menewaskan 12 anggota keluarga Abu Qouta, kata kerabatnya. Tujuh anggota keluarga lainnya diyakini berada di bawah reruntuhan, tambah mereka.

Sebagai tempat tinggal bagi sekitar 2 juta orang, Jalur Gaza telah dikuasai oleh Hamas sejak mereka menguasai wilayah tersebut pada 2007. Perekonomian Gaza telah lama terhambat oleh blokade yang diberlakukan oleh Israel dengan bantuan Mesir.

Ketika serangan udara dimulai pada Sabtu, ribuan warga Palestina yang tinggal di dekat perbatasan dengan Israel segera meninggalkan rumah mereka.

UNRWA, badan PBB yang menyediakan layanan penting bagi warga Palestina, mengatakan setidaknya 70.000 warga Palestina berlindung di 64 sekolah yang mereka operasikan di Jalur Gaza.

Jumlah tersebut kemungkinan akan meningkat seiring dengan terus berlanjutnya penembakan dan serangan udara, termasuk di wilayah sipil.

Dalam sebuah pernyataan, UNRWA mengatakan dua anak laki-laki, keduanya siswa di sekolah yang dikelola PBB di Khan Younis dan Beit Hanoun, dipastikan termasuk di antara mereka yang tewas. Tiga sekolah UNRWA menderita "kerusakan tambahan" yang disebabkan oleh serangan udara Israel, tambahnya.

“Warga sipil harus dilindungi setiap saat, termasuk saat terjadi pertempuran. UNRWA mendukung seruan untuk segera mencapai gencatan senjata dan menghentikan kekerasan di mana pun,” kata UNRWA.

Eid Al-Attar, seorang guru, berlari ke sekolah UNRWA bersama lima anaknya dan saudara laki-lakinya yang menggunakan kursi roda ketika serangan udara Israel menghantam dekat rumah mereka di kota Beit Lahiya, Jalur Gaza utara.

"Kami telah melalui lima perang sejak tahun 2008, masing-masing perang lebih parah dan lebih sulit dibandingkan perang lainnya," katanya.

Ashraf Al-Qidra, juru bicara Kementerian Kesehatan Gaza, mengatakan rumah sakit kewalahan dan bergantung pada generator listrik yang sudah usang setelah Israel memutus pasokan listrik sebesar 120 megawatt ke Jalur Gaza pada Sabtu.

Menteri Energi Israel Israel Katz mengatakan pada Sabtu bahwa Israel akan memutus pasokan listrik ke Jalur Gaza, dengan menandakan bahwa Israel memandang serangan itu sebagai hal yang sangat menentukan.

Sumber: Reuters
Baca juga: Korban tewas akibat serangan udara I) srael di Gaza bertambah jadi 232
Baca juga: Palestina: Perdamaian bisa terwujud jika Israel akhiri pendudukan
Baca juga: Korban tewas serangan Israel di Gaza bertambah jadi 198 orang

 

Penerjemah: M Razi Rahman
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2023