New York (ANTARA) - Misi Iran di PBB mengatakan pada Minggu (8/10) bahwa Teheran tidak terlibat dalam salah satu serangan paling berdarah pada sejarah Israel ketika kelompok Hamas menewaskan 700 warga Israel dan menculik puluhan lainnya.

"Langkah tegas yang diambil oleh Palestina merupakan langkah pertahanan yang sepenuhnya sah terhadap pendudukan yang menindas selama tujuh dekade dan kejahatan keji yang dilakukan oleh rezim Zionis yang tidak sah," kata misi Iran di PBB dalam pernyataannya.

Iran tidak merahasiakan dukungannya terhadap Hamas, serta mendanai dan mempersenjatai kelompok itu dan organisasi militan Palestina lainnya, Jihad Islam.

Serangan Hamas pada Sabtu (7/10), yang merupakan serangan terbesar ke Israel dalam beberapa dekade, bertepatan dengan langkah yang didukung AS untuk mendorong Arab Saudi agar menormalisasi hubungan dengan Israel.

Langkah normalisasi itu sebagai imbalan atas kesepakatan pertahanan antara Washington dan Riyadh, sebuah langkah yang akan mengerem kekuatan kerajaan tersebut dalam pemulihan hubungan dengan Teheran.

"Kami dengan tegas mendukung Palestina; namun, kami tidak terlibat dalam respons Palestina, karena hal itu hanya dilakukan oleh Palestina sendiri," kata misi Iran di PBB.

Amukan pejuang Hamas di kota-kota Israel pada Sabtu adalah serangan paling mematikan sejak serangan Mesir dan Suriah dalam perang Yom Kippur 50 tahun lalu, dan mengancam akan memicu meningkatnya kekerasan lain dalam konflik yang telah berlangsung lama tersebut.

Misi Iran di PBB mengatakan "keberhasilan" operasi Hamas karena unsur kejutan, yang menjadikannya sebagai "kegagalan terbesar" organisasi keamanan Israel.

"Mereka berusaha untuk membenarkan kegagalan mereka dan mengaitkannya dengan kekuatan intelijen dan perencanaan operasional Iran," kata misi Iran di PBB.

Dalam menanggapi serangan Hamas, serangan udara Israel telah menghantam blok perumahan, terowongan, masjid dan rumah pejabat Hamas di Gaza, dengan menewaskan lebih dari 400 orang, termasuk 20 anak-anak.

"Mereka (Israel) merasa sangat sulit menerima bahwa diberitakan komunitas intelijen mereka telah dikalahkan oleh kelompok Palestina,” kata misi Iran di PBB.

Sumber: Reuters
Baca juga: Serangan udara Israel bunuh ratusan warga Gaza, termasuk bayi kembar
Baca juga: Israel salahkan Iran atas serangan Hamas
Baca juga: MUI: serangan Hamas bisa jadi momentum bebaskan rakyat Palestina

 

Penerjemah: M Razi Rahman
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2023