Keberhasilan ini patut kita syukuri, tapi harus tetap dengan sikap yang wajar dan arif...
Waykanan, Lampung (ANTARA News) - Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Waykanan Lampung Gino Vanollie mengapresiasi kerja keras kepala sekolah dan pengajar setempat seiring 3.589 pelajar SMA/SMK/MA yang mengikuti Ujian Nasional (UN) lulus 100 persen.

"Kita lulus 100 persen, selamat buat anak-anak kita, para guru, kepala sekolah dan seluruh pihak. Keberhasilan ini tentu berkat kerja keras, kerjasama dan dukungan dari seluruh pihak terkait, sehingga selain dari sisi penyelenggaraan kita sukses, hasilnya juga sukses," kata Gino, di Blambangan Umpu, Jumat.

Kelulusan 100 persen tersebut sebuah prestasi yang cukup membanggakan. Namun, demikian Gino, tidak seharusnya mudah berpuas diri karena bagi anak-anak SMA/MA, ukuran keberhasilan bukan hanya lulus.

"Tapi sejauh mana mereka bisa melanjutkan keperguruan tinggi dan diterima di perguruan-perguruan tinggi terbaik di Indonesia," ujar dia lagi.

Adapun bagi anak SMK, ukurannya bukan hanya lulus, tapi apakah setelah lulus mampu membangun usaha atau bekerja sesuai dengan bidang keahliannya masing-masing.

"Keberhasilan ini patut kita syukuri, tapi harus tetap dengan sikap yang wajar dan arif, sambil terus kita tingkatkan kualitasnya di masa mendatang," kata Gino lagi.

UN di Waykanan beberapa waktu lalu diikuti 3.589 pelajar SMA/SMK/MA. Secara rinci, jumlah peserta UN dari SMA 2.168 murid, dari SMK 901 siswa dan dari MA 520 pelajar, demikian Gino Vanollie.

Pewarta: Gatot Arifianto
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2013