"Latihan ini adalah bagian dari upaya Polres Gowa dalam meningkatkan kesiapsiagaan dan kemampuan personel dalam menghadapi situasi krisis, khususnya saat Pemilu,"
Makassar (ANTARA) - Ratusan personil Polres Gowa mengikuti pelatihan pengamanan Pemilu dalam pra operasi Mantap Brata 2023-2024 sebagai persiapan menghadapi pelaksanaan tahapan Pemilu serentak 14 Februari 2024.

"Latihan ini adalah bagian dari upaya Polres Gowa dalam meningkatkan kesiapsiagaan dan kemampuan personel dalam menghadapi situasi krisis, khususnya saat Pemilu," ujar Kapolres Gowa AKBP Reonald TS Simanjutak di aula Polres setempat, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, Senin.

Kapolres menyebutkan latihan ini melibatkan 200 personel dari Polres Gowa serta Polsek jajaran. Dalam latihan tersebut personil menjalani berbagai simulasi situasi darurat dan pengamanan, termasuk penanganan massa, pengamanan di Tempat Pemungutan Suara (TPS), serta penanggulangan kerusuhan.

Latihan itu, kata dia, bertujuan untuk mempersiapkan anggota kepolisian dalam mengamankan Pemilu tahun 2024 dengan mengusung tema 'Polres Gowa dan Jajaran, Siap Melaksanakan Pengamanan Pemilu 2024.

Mantan Kepala Satuan Reserse dan Kriminal Umum Polrestabes Kota Makassar ini juga menekankan pentingnya kerja sama antara Polres Gowa dan jajaran dalam memastikan kelancaran pengamanan Pemilu.

"Latihan ini diharapkan akan memperkuat sinergi antara Polres Gowa dan pihak terkait lainnya serta memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat dalam pelaksanaan Pemilu nanti," paparnya menekankan.

Oleh karena itu, Polres Gowa berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik dalam rangka menjaga stabilitas dan keamanan selama proses pemilihan berlangsung.

Kegiatan tersebut dibuka Kapolres Gowa AKBP Reonald TS Simanjuntak didampingi Wakapolres Gowa, Kompal Soma Moharja dan dihadiri para pejabat utama (PJU), Kapolsek jajaran, dan personel yang terlibat dalam Operasi Mantap Brata. Kegiatan dilanjutkan pendalaman dan penyampaian paparan dari Kabag Ops AKP Darwis Daud.

Pewarta: M Darwin Fatir
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2023