Kwarda Jateng punya target di tahun 2023 mencetak 50.000 Pramuka Garuda, Alhamdulillah ini sudah terlampaui
Purbalingga (ANTARA) - Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Provinsi Jawa Tengah yang diketuai Siti Atikoh Ganjar Pranowo berhasil mencapai target pelantikan sebanyak 50.000 anggota Pramuka Garuda atau tingkatan tertinggi dalam setiap golongan Pramuka pada tahun 2023.

“Kwarda Jateng punya target di tahun 2023 mencetak 50.000 Pramuka Garuda, Alhamdulillah ini sudah terlampaui. Terima kasih atas support semua kwarcab, khususnya Purbalingga hari ini,” kata Ketua Kwarda Jateng Siti Atikoh Ganjar Pranowo saat memimpin Apel Besar Pramuka Purbalingga dalam rangka Hari Pramuka Ke-62 dan Pelantikan Pramuka Garuda Kwarcab Purbalingga di Alun-alun Kabupaten Purbalingga, Senin.

Istri mantan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo itu mengakui jika capaian tersebut juga tidak lepas dari dukungan orang tua masing-masing anggota Pramuka di Jateng.

“Tanpa dukungan luar biasa dari orang tua, maka para anggota tak akan mencapai titik ini yang tidak mudah, butuh komitmen, kerja keras dan motivasi,” katanya.

Pada kesempatan tersebut, Atikoh tidak mampu menyembunyikan kebahagiaan dan kebanggaannya karena pelantikan 2.952 Pramuka Garuda di Kabupaten Purbalingga ini menggenapi target yang dituju Kwarda Jateng.

Dirinya juga senang lantaran seluruh anggota di Kwarcab Purbalingga sangat aktif berkegiatan, sehingga meraih berbagai prestasi baik secara kelembagaan maupun kebermanfaatan bagi masyarakat juga dibuktikan.

“Prestasinya luar biasa sekali, baik dari sisi kelembagaan, kepedulian ke masyarakat dan bagaimana anggota menempatkan diri menjadi pewarta, ini penting untuk mempengaruhi orang berbuat baik,” katanya.

Atikoh selama ini mendorong agar anggota Pramuka aktif mempublikasikan dan mewartakan kegiatannya melalui media apapun agar orang lebih banyak mengetahui apa saja aktivitas kepramukaan.

“Jangan sampai generasi muda panutannya negatif, ini peran adik-adik garuda untuk bisa memberikan kebermanfaatan, kepedulian karena pramuka itu tentang pembentukan karakter dan soft skill itu sangat diperlukan,” katanya.

Pramuka Garuda ialah tingkatan tertinggi dalam setiap golongan Pramuka. Pramuka Garuda diatur dalam Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka.

Pada kesempatan itu juga dilakukan penyerahan berbagai prestasi yang diraih Kwarcab Purbalingga. di antaranya juara favorit iklan layanan masyarakat dan film pendek pada kegiatan Anugerah Kehumasan Citraloka Kwarda Jawa Tengah.

Dari seluruh prestasi yang diraih itu membuat Kwarcab Purbalingga dinobatkan sebagai Juara Umum Estafet Tunas Kelapa Kwarda Jateng tahun 2023.

Pewarta: Wisnu Adhi Nugroho
Editor: M. Tohamaksun
Copyright © ANTARA 2023