Jadi ini benar-benar berbasis komunitas
Surabaya (ANTARA) -
Istri calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo, Siti Atikoh, menegaskan pasangan Ganjar-Mahfud Md berkomitmen memperkuat aspek kesehatan masyarakat dengan pemerataan pelayanan kesehatan melalui program satu desa, satu fasilitas kesehatan (faskes), dan satu tenaga kesehatan (nakes).
 
"Jadi ini benar-benar berbasis komunitas," kata Siti Atikoh seusai acara Istighatsah Kebangsaan Untuk Indonesia Unggul, di Jatim Expo Surabaya, Jawa Timur, Jumat.
 
Selain itu, Siti Atikoh mengatakan Ganjar-Mahfud juga mempersiapkan insentif bagi kader posyandu se-Indonesia.

Baca juga: Atikoh: Ganjar-Mahfud ingin rakyat aman saat beribadah
 
"Posyandu di Indonesia ada berjumlah 330.000 ribu lebih, dengan jumlah kader 1,5 juta orang," ujarnya.
 
Menurut dia program yang digagas tersebut bukan hal sulit untuk diwujudkan, sebab Ganjar-Mahfud punya tujuan mewujudkan generasi unggul dengan mengedepankan ketersediaan jaminan layanan kesehatan.
 
"Kalau memang mau mencetak generasi unggul dengan cara semua warga negara kuat, semua warga negara itu sehat," ucapnya.

Baca juga: Kunjungi Pasar Bersehati, Atikoh dapat keluhan soal harga bahan pokok

Baca juga: Harga bahan pokok naik, Atikoh minta ibu diversifikasi pangan
 
Selain soal layanan dan fasilitas kesehatan, dia menyebut bahwa pasangan calon presiden dan wakil presiden Ganjar Pranowo-Mahfud Md juga menaruh perhatian pada munculnya polio di beberapa daerah di Indonesia.
 
"Sebetulnya dari 2014 itu Indonesia sudah eradikasi atau bebas polio, tetapi ternyata sekarang ditemukan lagi itu," ucapnya.
 
"Tentu ini menjadi pekerjaan rumah bersama, jangan sampai balik lagi masa sebelum itu dan ini menjadi pekerjaan yang luar biasa," lanjutnya.
 
Dia menyebut percepatan penanganan polio harus dibarengi dengan pola edukasi yang menyeluruh, khususnya memberikan informasi detail menyangkut manfaat imunisasi bagi anak.
 
"Tentu dari seluruh pihak adanya edukasi terkait dengan yang pertama kalau untuk pencegahan jalan satu-satunya imunisasi kepada anak-anak, karena yang rentan anak di bawah umur lima tahun," imbuhnya.
 
Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan tiga peserta Pilpres 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md nomor urut 3.
 
Masa kampanye Pilpres 2024 berlangsung mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Pewarta: Willi Irawan/Ananto Pradana
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2024