Sungailiat (ANTARA) - Polres Bangka bersama Pemerintah Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menandatangani kerja sama menyukseskan Pemilu 2024 agar berjalan aman, tertib dan lancar.

"Perjanjian kerja sama ini dilakukan sebagai bentuk komitmen antara Polres Bangka dengan Pemkab Bangka dalam menjaga keamanan dan kelancaran pelaksanaan Pemilu tahun 2024," kata Kepala Polres Bangka, AKBP Taufik Noor Isya, di Sungailiat, Kabupaten Bangka, Kepulauan Bangka Belitung, Senin.

Baca juga: Pemkab Bangka tandatangani kerja sama dengan BSrE

Dikatakan kerja sama ini bagian dari kolaborasi kedua lembaga yang sama-sama menginginkan pesta demokrasi tahun 2024 mendatang berjalan sesuai dengan harapan.
"Pemilu adalah sarana demokrasi untuk menyampaikan aspirasi rakyat, dan Polri berkewajiban untuk mengawal dan mengamankan pemilu agar berjalan kondusif.

Dengan ditandatangani kerja sama, diharapkan seluruh instansi pemerintah dan masyarakat dapat bersama sama menyukseskan Pemilu 2024 yang kondusif.

Baca juga: Pemkab Bangka kembangkan program digitalisasi layanan kependudukan

Pejabat Bupati Bangka, M Haris, mengatakan pentingnya dukungan dari seluruh elemen dan Forum komunikasi pimpinan daerah (Forkopimda) dalam menyukseskan pemilu serentak dan Pilkada 2024, serta pengaturan anggaran untuk Pemilu 2024.

"Sebagai bentuk dukungan dan menyukseskan Pemilu 2024, dalam waktu dekat akan diselenggarakan ikrar sikap netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN)," kata dia.

Baca juga: Bangka perketat pengawasan sapi

Guna mendukung kelancaran Pilkada 2024, pemerintah Kabupaten Bangka telah menyiapkan dana hibah sebesar Rp28.3 miliar atau lebih besar dibanding dana hibah Pilkada tahun 2019 yang hanya Rp22,8 miliar.
 

Pewarta: Kasmono
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2023