...lebih sebagai upaya melestarikan kebudayaan tradisional....
Semarang (ANTARA News) - Belasan robot beradu lincah menari "Anoman Obong" dalam Kontes Robot Nasional 2013 kategori kontes robot seni Indonesia (KRSI) yang digelar pada 6-9 Mei mendatang.

"Kontes Robot Nasional memperlombakan empat kategori, salah satunya KRSI sebagai upaya melestarikan budaya tradisional," kata Sekretaris Panitia Kontes Robot Nasional, Ary Heryanto, di Semarang, Jumat.

Kontes Robot Nasional merupakan kompetisi robotika paling bergengsi di Indonesia yang diprakarsai oleh Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Ditjen Pendidikan Tinggi (Dikti) Kemendikbud.

Tiga kategori lain yang diperlombakan adalah kontes robot Indonesia (KRI), kontes robot pemadam api Indonesia (KRPAI) divisi beroda dan berkaki, serta kontes robot sepak bola Indonesia (KRSBI).

Berbeda dengan ketiga kategori itu yang ditujukan menyaring pemenang tingkat nasional untuk dikirim ke ajang robotika internasional, kata dia, KRSI lebih sebagai upaya melestarikan kebudayaan tradisional.

"Pemenang KRI tahun ini akan dikirim ke ajang robotika internasional di Vietnam, pemenang KRPAI dikirim ke ajang robotika di Amerika Serikat, sementara pemenang KRSBI akan dikirim ke Belanda," katanya.

Pewarta: Zuhdiar Laeis
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2013