Jakarta (ANTARA) - Samsonite, WERGUD, dan Plus Jakarta berkolaborasi menciptakan fasilitas umum dari koper bekas, sebagai bagian dari program Luggage Trade-in 2023 yang digelar Samsonite.

Selama program berlangsung, Samsonite berhasil mengumpulkan lebih dari 1.000 koper bekas dari berbagai merek dan kondisi. Koper-koper tersebut akan mendapatkan sentuhan kreatif daur ulang dari WERGUD, sebuah biro kreatif produk daur ulang ternama di Jakarta yang berfokus pada upcycle atau daur ulang kreatif dan penggunaan kembali material bekas.

"Kami berterima kasih atas antusiasme masyarakat terhadap program Luggage Trade-in 2023, Tahun ini, kami bermitra dengan WERGUD dan Plus Jakarta untuk menciptakan fasilitas umum yang bernilai lebih bagi masyarakat," kata Country Head PT Samsonite Indonesia, Nadya Pertiwi dalam keterangan persnya di Jakarta, Senin.

Fasilitas umum yang akan dihasilkan dari koper bekas ini nantinya akan dipasang di salah satu taman hijau di Jakarta, yang telah disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan komunitas setempat. Upaya kolaboratif ini menunjukkan komitmen dari semua pihak yang terlibat untuk menciptakan sesuatu yang positif dan relevan bagi lingkungan sekitarnya.​​​​​​

Baca juga: Samsonite gandeng New Balance luncurkan koleksi baru

Hafizh, Direktur WERGUD dalam keterangan pers yang sama menekankan bahwa kolaborasi ini menggabungkan kreativitas dan kesadaran lingkungan dengan harapan memberikan nilai lebih bagi komunitas dan masyarakat.

"Kami berharap produk daur ulang ini dapat membawa senyuman bagi komunitas dan keluarga," kata Hafizh.

Program Luggage Trade-in 2023 adalah bagian penting dari komitmen Samsonite yang teguh terhadap pelestarian lingkungan. Perusahaan ini secara aktif bekerja untuk mengurangi penggunaan plastik dan meningkatkan penggunaan bahan daur ulang dalam produk-produknya sebagai langkah konkret dalam mendukung keberlanjutan lingkungan.

Kolaborasi antara Samsonite, WERGUD, dan Plus Jakarta menjadi contoh nyata bagaimana inovasi dan kesadaran lingkungan dapat bersatu untuk menciptakan nilai tambah bagi komunitas sambil memperkuat komitmen terhadap pelestarian lingkungan.

Melalui kolaborasi ini, koper bekas yang sebelumnya diabaikan menjadi sumber inspirasi untuk menciptakan sesuatu yang berguna dan berarti bagi komunitas lokal.

Proyek ini tidak hanya menyoroti pentingnya daur ulang dan upcycling, tetapi juga memamerkan potensi bagi bisnis, agensi kreatif, dan organisasi komunitas untuk bekerja sama demi kemajuan masyarakat dan lingkungan.

Baca juga: Lima ide seru liburan yang ramah lingkungan

Baca juga: Ini dia tren liburan a la gen Z, mulai dari pakaian sampai tema

Baca juga: Samsonite gandeng New Balance luncurkan produk baru


Pewarta: Arif Prada
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023