Hal tersebut kami wujudkan melalui sejumlah langkah strategis yang mencakup dukungan dari sisi layanan, fasilitas, dan infrastruktur Bandara Lombok serta layanan dari dua anak usaha, yakni APL (Angkasa Pura Logistik) dari sisi penanganan logistik dan
Jakarta (ANTARA) - PT Angkasa Pura I (AP I) beserta dua anak usahanya, yakni Angkasa Pura Logistik dan Angkasa Pura Hotel bersinergi mendukung dan menyukseskan penyelenggaraan MotoGP Indonesia 2023 di Sirkuit Mandalika, NTB pada 13-15 Oktober.

"Hal tersebut kami wujudkan melalui sejumlah langkah strategis yang mencakup dukungan dari sisi layanan, fasilitas, dan infrastruktur Bandara Lombok serta layanan dari dua anak usaha, yakni APL (Angkasa Pura Logistik) dari sisi penanganan logistik dan APH (Angkasa Pura Hotel) dari sisi hospitality," ucap Direktur Utama AP I Faik Fahmi melalui keterangannya di Jakarta, Senin.

Dalam satu kesatuan, kata Faik, AP I Group bersinergi dan mengintegrasikan layanan untuk mewujudkan komitmen dalam memberikan layanan terbaik bagi peserta kejuaraan, tim balap hingga para penumpang secara umum yang hendak menjadi saksi para pebalap kelas dunia berlaga di Sirkuit Mandalika.

Faik mengatakan bahwa AP I sebelumnya telah menyelesaikan pekerjaan pengembangan Bandara Lombok, meliputi pengembangan runway, terminal penumpang, dan terminal kargo untuk dapat secara optimal melayani operasional pesawat kargo, penanganan logistik tim serta pelayanan penumpang.

AP I juga memastikan kesiapan dari sisi operasional dan layanan bandara untuk mengantisipasi potensi lonjakan penumpang, yakni dengan menyesuaikan waktu operasional bandara, dari yang sebelumnya 14 jam menjadi 24 jam pada periode 13 hingga 16 Oktober mendatang.

Sedangkan dari sisi keamanan dan untuk mendukung operasional harian di bandara, AP I juga bekerja sama dengan instansi komunitas bandara yang terdiri dari unsur TNI, Polri, Imigrasi, Bea Cukai, dan KKP untuk menyiagakan 96 personel operasional harian selama pelaksanaan.

Sampai saat ini, AP I mencatat telah menerima 66 permohonan penerbangan tambahan atau extra flights yang diajukan oleh empat maskapai nasional, yakni Garuda Indonesia, Citilink, Indonesia AirAsia, dan Super Air Jet serta satu maskapai internasional, yaitu Malaysia Airlines.

"Mulai besok (10/10), Bandara Lombok dijadwalkan akan mulai melayani kedatangan para pebalap dan anggota tim peserta kejuaraan. Kami juga turut memastikan layanan dan operasional bandara dapat berjalan secara optimal serta menimbulkan kesan yang tak terlupakan bagi para pembalap," kata Faik.

Sedangkan untuk penyediaan layanan logistik, APL telah menangani 377 ton logistik berupa kendaraan peserta kejuaraan dan spareparts pendukung. APL memegang peranan penting mulai dari tahap unloading logistik dari pesawat kargo, pengangkutan logistik dari bandara menuju Sirkuit Mandalika hingga proses pembongkaran kargo ketika tiba di sirkuit.

APL juga melayani penanganan kargo milik Dorna Sports selaku penyelenggara MotoGP yang tiba di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali hingga pengangkutan menuju Sirkuit Mandalika. APL juga akan berperan dalam pengangkutan logistik dari sirkuit kembali ke bandara untuk proses keberangkatan menuju Australia yang merupakan seri selanjutnya setelah Grand Prix of Indonesia.

Sementara, untuk penyediaan layanan hospitality, APH menyediakan layanan fast track penumpang melalui premium airport special service (PASS) serta layanan concordia airport lounge, yakni layanan VIP yang diperuntukkan bagi penumpang dan peserta kejuaraan.

"Berbagai dukungan yang kami hadirkan ini merupakan wujud nyata atas komitmen AP I Group untuk mendukung pelaksanaan dan kesuksesan perhelatan akbar ini, dimulai dari tahap persiapan, hari H pelaksanaan, hingga after event," ujar Faik.

Baca juga: Angkasa Pura Logistik kembali dipercaya tangani kargo MotoGP Mandalika

Baca juga: AP I gelar uji kompetensi personel keamanan bandara

Baca juga: PT AP I raih penghargaan di ajang ICAII 2023

 

Pewarta: Benardy Ferdiansyah
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2023