Pontianak (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kalimantan Barat memprakirakan hingga dasarian II atau 20 Oktober 2023 sejumlah wilayah di Kalbar masih menganalisis hujan dan petir.

"Dalam sepuluh hari ke depan hujan lebat dan ringan disertai petipetir masih menyelimuti Kalbar. Jadi tetap waspada dampaknya," ujar Koordinator Bidang Observasi dan Informasi Stasiun Klimatologi Kalbar Ismaharto Adi di Pontianak, Selasa.

Baca juga: Hujan perbaiki kualitas udara di Kalbar

Ia mengatakan, sebelumnya dari 9 sampai 10 Oktober 2023 terdapat potensi hujan disertai petir di wilayah Ketapang, Sintang, Sekadau, Melawi, Kayong Utara, dan Kubu Raya.

Selanjutnya, 10 sampai 11 Oktober terdapat potensi hujan disertai petir atau kilat di wilayah Bengkayang dan Melawi.

Baca juga: BPBD: Titik panas di Kalbar menurun, dampak intensitas hujan tinggi

Kemudian 11 - 12 Oktober terdapat potensi hujan disertai petir di wilayah Sambas, Mempawah, Sanggau, Kapuas Hulu, Bengkayang, Landak, dan Pontianak.

"Secara umum curah hujan untuk periode dasarian I berkisar antara 20 - 100 mm/dasarian, dengan kategori curah hujan rendah - menengah. Diprakirakan curah hujan <20 mm/dasarian terjadi di sebagian wilayah Ketapang bagian selatan, " kata dia.

Baca juga: Intensitas hujan di Sambas tinggi akibatkan sejumlah desa banjir

Hujan meningkat pada awal dasarian diakibatkan bibit siklom 93W di sebagian besar wilayah Kalbar kecuali Kabupaten Ketapang bagian selatan.

Namun pada pertengahan dasarian terdapat jeda hujan hingga akhir dasarian. Oleh karena itu Stasiun Klimatologi Kalbar menghimbau perlunya kewaspadaan masyarakat terhadap timbulnya titik panas, berkurangnya cadangan air, dan kembali munculnya asap di pesisir Kalbar terutama bagian selatan.

"Kami menghimbau masyarakat untuk tidak melakukan pembakaran hutan dan lahan pada area gambut di wilayah yang memiliki potensi curah hujan rendah serta perlu mempersiapkan pengairan untuk lahan sawah tadah hujan yang berpotensi dilanda kekeringan, " papar dia.

Baca juga: BMKG: Kalbar tiga hari ke depan berpotensi hujan lebat
Baca juga: BMKG: Kalbar dalam tiga hari ke depan berpotensi hujan ringan-lebat

Pewarta: Dedi
Editor: Tunggul Susilo
Copyright © ANTARA 2023