Dari lima itu, dua masih dalam persiapan. Sementara tiga sudah siap sekitar 90 persen, tapi sudah siap digunakan. Dua lainnya 70 persen yakni Arcamanik dan ITB. Infrastruktur sudah, tapi akan segera selesai
Bandung (ANTARA) - Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat (Jabar) Bey Triadi Machmudin mengungkapkan progres persiapan dua dari lima lapangan latihan di Kota Bandung untuk mendukung gelaran Piala Dunia U-17 masih 70 persen.

Bey Machmudin mengatakan dari lima lapangan latihan yang disiapkan untuk Piala Dunia U-17 yakni lapangan ITB, Unpad, IPDN, Sidolig, dan Arcamanik, baru tiga sarana yang telah siap. Sementara lapangan Arcamanik dan ITB masih dipersiapkan dan diprediksi rampung dalam waktu dekat.

"Dari lima itu, dua masih dalam persiapan. Sementara tiga sudah siap sekitar 90 persen, tapi sudah siap digunakan. Dua lainnya 70 persen yakni Arcamanik dan ITB. Infrastruktur sudah, tapi akan segera selesai," kata Pj Gubernur Jabar Bey Machmudin di Bandung, Selasa.

Sementara mengenai venue utama yakni Stadion Si Jalak Harupat, ia mengatakan sarana tersebut berdasarkan hasil peninjauan oleh PSSI sudah siap melaksanakan kompetisi sepakbola lima tahunan itu.

"Setelah kami meninjau dengan Pak Ketum PSSI, jadi Jalak Harupat digunakan dan sudah baik," katanya.

Baca juga: Kesiapan lima lokasi latihan Piala Dunia U-17 di Jabar capai 90 persen

Dalam mendukung Piala Dunia U-17, Bey mengatakan bakal ada dukungan transportasi massal yakni Kereta Cepat Whoosh dengan sistem bundling tiket Piala Dunia U-17.

Bundling ini, kata dia, diharapkan tidak hanya mendongkrak penjualan tiket pertandingan Piala Dunia U-17 di Jabar, tetapi juga turut menjaring penumpang Whoosh.

"Kemungkinan ada promosi juga, jadi misalnya di-bundling dengan tiket KCIC. Khusus pada saat U-17 akan ada kereta khusus. Disesuaikan dengan jam pertandingan," ujarnya.

Selain konektivitas dengan kereta cepat, Bey juga mengindikasikan akan ada konektivitas dengan transportasi penerbangan melalui Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati,  walau masih menunggu perkembangan lebih lanjut, mengingat pertandingan yang dilaksanakan di Stadion Jalak Harupat adalah babak Grup dan 16 besar.

Piala Dunia U-17 dijadwalkan berlangsung pada 10 November - 2 Desember 2023 dan Stadion Si Jalak Harupat dijadwalkan menggelar pertandingan dari Grup C, Grup D, Grup E, dan Grup F, serta pertandingan babak 16 besar, sejak 11 November 2023.

Baca juga: Pemprov Jabar koordinasi dengan KCJB dan BIJB dukung Piala Dunia U-17

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023