Praya, Lombok Tengah (ANTARA) - Korem 162/Wira Bhakti bersama seluruh jajaran TNI dan instansi terkait menggelar apel pasukan dan simulasi kontingensi sebagai langkah persiapan menyambut gelaran MotoGP Mandalika 2023 di Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB)..

"Kita harus pastikan ajang MotoGP Mandalika ini berjalan aman dan sukses," kata Dandim 1620 Lombok Tengah Letkol Kav Andi Yusuf Kertanegara usai apel gelar pasukan di Lapangan Masjid Nurul Bilad Kuta Mandalika, Selasa.

Acara tersebut dipimpin langsung oleh Danrem 162/WB Brigjen TNI Agus Bhakti dan dihadiri oleh berbagai instansi terkait, termasuk TNI, Polri, Dinas Kesehatan, dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah.

"Bertujuan untuk memastikan bahwa seluruh pihak yang terlibat dapat berkoordinasi dengan efektif dalam menghadapi berbagai potensi tantangan selama ajang besar ini berlangsung," katanya.

Sesuai dengan amanat yang di sampaikan Danrem 162/WB, bahwa Kegiatan pergelaran MotoGP merupakan kegiatan tingkat internasional yang akan dilaksanakan di Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika

"Untuk itu dalam menyambut ajang internasional yang telah kita nantikan tentu perlu adanya persiapan yang baik dan matang sehingga kegiatan tersebut nantinya dapat berjalan tertib aman lancar dan sukses," harapnya.

Selain itu, apabila pelaksanaan ini dapat berjalan sesuai harapan maka Pariwisata dan Ekonomi daerah kita tentunya akan bertambah lebih baik dari tahun ke tahun khususnya di Lombok Tengah.

"Oleh sebab itu sebagai tuan rumah kita harus bersama-sama, bahu membahu untuk dapat memberikan keamanan dan kenyamanan kepada para tamu wisatawan pada pergelaran MotoGP nanti," katanya .

Namun yang terpenting adalah kerjasama antarinstansi dan kesiapsiagaan dalam menghadapi segala kemungkinan yang mungkin terjadi selama berlangsungnya MotoGP.

"Kami harus memastikan bahwa semua aspek keamanan dan kenyamanan para penonton serta peserta balap terjamin dengan baik," katanya.

Usai acara kegiatan dilanjutkan dengan sesi simulasi berbagai kontingensi yang dapat terjadi selama event MotoGP, mulai dari kecelakaan di lintasan, kedaruratan medis, hingga pengamanan publik.

Tim dari masing-masing instansi terlibat secara aktif berpartisipasi dalam simulasi ini untuk memastikan bahwa prosedur dan koordinasi berjalan dengan lancar.

Semoga acara ini menjadi langkah penting dalam memastikan keamanan dan keselamatan selama berlangsungnya baik para penonton maupun para peserta pebalap MotoGP tahun 2023 di Kuta Mandalika.

"Diharapkan bahwa semua pihak terkait akan terus bekerja sama untuk menjamin kesuksesan ajang ini dan memberikan pengalaman terbaik bagi kami dan seluruh peserta dan penonton," katanya.

Baca juga: Penumpang di Bandara Lombok mencapai 7 ribu per hari jelang MotoGP
Baca juga: Dukung MotoGP, Pemkab bersihkan sampah sepanjang Bypass-Mandalika
Baca juga: Pertamina Patra Niaga jamin stok energi aman dukung MotoGP Mandalika

Pewarta: Akhyar Rosidi
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2023