Pelabuhan Nusantara ini sudah dilaksanakan (pembangunan) lebih dari 60 persen per hari....
Bengkulu (ANTARA) - Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Bengkulu menyebutkan pembangunan Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) di Kabupaten Seluma untuk tahap pertama ditargetkan rampung pada Desember 2023.
 
"Pelabuhan Nusantara ini sudah dilaksanakan (pembangunan) lebih dari 60 persen per hari, ini artinya insya Allah mohon dukungan dan doa agar selesai pada Desember ini," kata Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Bengkulu Syafriandi, di Bengkulu, Selasa.
 
Dia mengatakan rencana pembangunan pelabuhan tersebut lebih cepat dari jadwal yang dirancang pada awal pengerjaan. Awalnya, pembangunan direncanakan rampung 50 persen pada pertengahan Oktober 2023.
 
"Awalnya ditargetkan rampung 50 persen, ternyata per hari ini sudah lebih dari 60 persen," kata dia lagi.
 
Syafriandi menyebutkan pada awal pengerjaan anggaran yang dikucurkan untuk pembangunan yakni sekitar Rp45 miliar. Hal ini berdasarkan hasil ketetapan dari pihak kementerian terkait.
 
"Berjalan tahun ini, maka tahun depan akan dilanjutkan. Di mana saat ini dermaganya juga sudah berfungsi," ujarnya pula.
 
Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah menyatakan PPN Kabupaten Seluma mulai dibangun dan ditargetkan rampung pada 2024.
 
"PPN ini akan menjadi pelabuhan yang representatif untuk pelabuhan nelayan di kawasan barat Bengkulu," kata Gubernur Rohidin Mersyah.
 
Pembangunan tahun ini untuk infrastruktur perluasan kolam, pelebaran pintu masuk dan dermaga dengan anggaran sekitar Rp15 miliar. Sementara pembangunan di 2024 membutuhkan anggaran jauh lebih besar yaitu sekitar Rp30 miliar.

Selain pembangunan pelabuhan, Rohidin mengatakan juga perlu meningkatkan keahlian dan peralatan nelayan di Seluma, agar hasil produksi tangkapan dapat meningkatkan signifikan dan tentunya akan menambah stok komoditas ikan laut di pasar-pasar yang ada di Bengkulu.

"Perlu meningkatkan kualitasnya, Pemerintah Provinsi Bengkulu mengupayakan bantuan (mesin kapal, ketinting, perlengkapan keselamatan, dan GPS), sehingga daya jelajah nelayan menjadi lebih baik dan hasil yang diperoleh lebih banyak," ujarnya lagi.
Baca juga: Pemerintah bangun pelabuhan perikanan skala nasional di Mukomuko
Baca juga: Pelabuhan Perikanan Nusantara di Bengkulu mulai dibangun

Pewarta: Boyke Ledy Watra
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023