Palu (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sulawesi Tengah menyebutkan 15 Kepala Keluarga (KK) atau 53 jiwa mengungsi akibat banjir yang terjadi di Desa Sambo, Kecamatan Dolo Selatan, Kabupaten Sigi.
 
"Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD kami di Kabupaten Sigi mendapatkan informasi dari Kepala Desa Sambo sekitar pukul 18.41 WITA terkait peristiwa banjir itu," kata Kepala Pelaksana BPBD Sulteng Akris Fattah Yunus di Kota Palu, Selasa.
 
Ia menjelaskan peristiwa banjir terjadi akibat intensitas hujan tinggi di hulu sungai Desa Sambo yang mengakibatkan tanggul jebol sehingga air meluap dan merendam area persawahan hingga ke pemukiman warga.
 
Mendapatkan informasi itu, TRC BPBD Kabupaten Sigi segera melakukan koordinasi dengan aparat desa setempat dan menuju ke lokasi tersebut untuk melakukan asesmen.
 
Berdasarkan asesmen sementara, kata dia, sekitar 13 unit rumah warga di RT 7 Dusun 4 terdampak banjir dan turut merendam 10 hektare area persawahan warga.
 
"Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, namun sekitar 53 orang atau 15 KK memilih untuk mengungsi ke tempat yang lebih aman, yang di antaranya ada sembilan balita dan lima warga lanjut usia (lansia)," ujar dia.
 
Menurut dia, hingga saat ini belum diketahui terkait kebutuhan mendesak dikarenakan TRC BPBD Kabupaten Sigi masih sementara melakukan asesmen.
 
Namun, kata dia, kondisi terkini saat ini banjir mulai surut dan debit air perlahan menurun.

Baca juga: BPBD: Tiga kecamatan di Aceh Utara masih terendam banjir

Baca juga: BMKG: Aceh mulai memasuki musim hujan, perlu waspada banjir

Pewarta: Nur Amalia Amir
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2023