Denpasar (ANTARA) - Subsatgas Pengamanan Lalu Lintas dan Parkir TNI melakukan pengamanan lalu lintas rute yang dilalui oleh para tamu VVIP serta pengamanan parkir di penginapan dan tempat pelaksanaan KTT AIS Forum 2023.

Dansubsatgas Lakir Kolonel Cpm Unggul Wahyudi, S.H., M.Tr(Han) dalam keterangannya di Denpasar, Bali, Selasa menyatakan fungsi dan tugas pokok dari Sub Satgas Lakir yaitu mengendalikan lalu lintas maupun parkir selama jalannya KTT AIS Forum 2023 di Bali.

Dengan jumlah dan kualitas personel yang mumpuni, Dansubsatgas Lakir membagi personelnya menjadi beberapa tim yang telah tersebar pada tiap titik yang telah ditentukan.

"Selain personel Sub Satgas Lakir yang tergabung dalam Satgas Pamwil, kami juga mem-BKO-kan (Bawah Kendali Operasi) sejumlah personel motoris di Paspampres untuk pengawalan," kata Kolonel Unggul Wahyudi.

Perwira Menengah yang kesehariannya menjabat sebagai Komandan Polisi Militer Kodam IX/Udayana tersebut menjelaskan para personel yang terlibat dalam pengamanan lalu lintas akan mulai bertugas sebelum rangkaian kendaraan melewati rute dan akan menarik personel dari posisinya setelah kegiatan mobilitas selesai.

"Dengan bersinergi bersama pihak Kepolisian, para personel kami di lapangan juga dapat dimonitor pada layar yang berada di Command Center ini. Di sini kita bisa memonitor pergerakan dari peserta KTT AIS, mulai dari penjemputan di Bandara hingga pengantaran ke hotel maupun ke tempat kegiatan," kata Danpomdam IX/Udayana.

Terkait dengan kendaraan pengawalan roda dua maupun roda empat yang digunakan, Danpomdam menyebutkan sejumlah kendaraan yang dioperasionalkan tersebut merupakan kendaraan listrik.

Oleh karenanya, dirinya berharap agar KTT AIS Forum 2023 ini dapat dijadikan sebagai sarana promosi penggunaan kendaraan listrik guna menurunkan emisi karbon dan meninggalkan ketergantungan pada energi fosil.

Satgas lain yang tidak kalah penting dalam mendukung tugas pokok Satuan Tugas Pengamanan Wilayah (Satgas Pamwil) pada Konfrensi Tingkat Tinggi (KTT) Archipelagic and Island States (AIS) Forum 2023 yaitu unsur pendukung Komunikasi dan Elektronika (Komlek).

Unsur pendukung ini mempunyai tugas dan fungsi untuk melaksanakan dukungan komunikasi dan elektronik Satgas Pamwil dalam rangka menjamin komando dan pengendalian (Kodal) Dansatgas Pamwil beserta jajarannya.

Kepala Unsur Pendukung Komlek Kolonel Chb Heru Amrullah menyebutkan para personelnya dibagi dalam beberapa tim diantaranya Tim Komunikasi Radio, Bekhar, dan Komunikasi Visual.

"Tim Komunikasi Radio bertugas melaksanakan gelar komunikasi radio untuk seluruh personel Satgas Pamwil. Kemudian Tim Bekhar bertugas melaksanakan perbekalan dan pemeliharaan materiil komunikasi dan elektronika guna menjamin peralatan dapat beroperasi dengan baik. Sedangkan Tim Komunikasi Visual bertugas untuk menggelar media visual atau display obyek-obyek kegiatan rute dan penginapan, terutama yang berada di Ring II dan Ring III," kata Kolonel Heru Amrullah yang kesehariannya menjabat Kahubdam IX/Udayana.

Terkait materiil serta sarana dan prasarana yang digelar pada pelaksanaan pengamanan KTT AIS Forum 2023, ada beberapa sarana yang digunakan yakni radio komunikasi, Satelite On The Move (SOTM) yang berfungsi untuk mengambil visual yang terjadi di lapangan, Komunikasi Mobile (Komob) yang dapat berperan sebagai repeater mobile, serta Video Tron dan lain sebagainya.

Unsur Pendukung Komunikasi dan Elektronik berperan penting dalam menyelenggarakan perhubungan komunikasi dalam suatu tugas operasi pengamanan.

Tanpa adanya unsur pendukung ini, komunikasi dan koordinasi antar personel maupun komando Satgas di lapangan tidak akan dapat berjalan dengan baik.
Baca juga: Toyota kerahkan 66 unit bZ4X untuk mobilitas delegasi KTT AIS Bali
Baca juga: Frekuensi radio dipantau cegah gangguan selama KTT AIS Forum
Baca juga: Kemenkominfo: Jurnalis kunci sukses penyebarluasan KTT AIS Forum 2023
Baca juga: Wuling Air Ev jadi kendaraan resmi KTT AIS Forum 2023

Pewarta: Rolandus Nampu
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2023