Denpasar (ANTARA) - Komando Daerah Militer(Kodam) IX/Udayana menyiagakan Unsur Pendukung Bantuan Administrasi (Banmin) yang memiliki tugas pokok menyelenggarakan serta melaksanakan fungsi perbekalan dan angkutan untuk seluruh personel Satgas Pamwil yang bertugas selama KTT AIS Forum 2023.

"Kami melaksanakan operasional pendistribusian dukungan makanan, transportasi dan pengisian BBM, serta perlengkapan lapangan berupa tenda dan kursi untuk prajurit Kodam IX/Udayana yang terlibat dalam Satgas Pamwil pada KTT AIS Forum 2023," kata Kabekangdam IX/Udayana Kolonel Cba Abdul Rosid dalam keterangannya di Denpasar, Bali, Selasa.

Selaku Kepala Unsur Pendukung Banmin Satgas Pamwil, Kabekangdam IX/Udayana Kolonel Rosid menyampaikan pihaknya melibatkan personel yang dilengkapi dengan 95 unit kendaraan termasuk 10 unit sepeda motor trail untuk bertanggung jawab penuh terhadap kebutuhan logistik makanan dan BBM bagi prajurit Satgas Pamwil dalam pengamanan KTT AIS Forum.

"Para personel yang bekerja di posko dapat menentukan moril prajurit di lapangan. Tak hanya masalah cepat sampai pada prajurit, tetapi menunya juga sangat kami perhatikan. Intinya kualitas makanan yang disediakan pasti terjaga sampai ke prajurit. Oleh karenanya, posko ini didirikan di Nusa Dua agar dekat dengan tempat kegiatan sehingga harapannya logistik berupa nasi yang disalurkan saat tiba masih hangat," ujarnya.

Dengan peran unsur pendukung ini, Kolonel Rosid berharap pelaksanaan KTT AIS berjalan lancar dan aman.

Sebab, keamanan KTT ini merupakan taruhan nama baik negara, salah satu faktor penentunya adalah keamanan.

Selain itu, dia berharap KTT AIS ini juga membawa dampak pada UMKM khususnya catering-catering rumahan agar roda perekonomiannya dapat berputar.

Di tempat lain, untuk mengantisipasi adanya serangan bom, Unit Jibom Gegana Brimob dan K.9 Satwa Polri terus melakukan sterilisasi BNDCC Nusa Dua, Selasa (10/10).

Sterilisasi yang dipimpin Iptu Sujai tersebut menggunakan metal detector dan peralatan canggih lainnya yang dimiliki Subden Gegana Polri.

Selain itu, sterilisasi juga melibatkan Unit K9 (anjing pelacak) milik Satwa Polri, yang memiliki kemampuan mampu mendeteksi bahan peledak dan narkotika.

Sterilisasi meliputi ruangan meeting dan ruangan makan siang, toilet dan seluruh peralatan yang ada di sekitar BNDCC, Nusa Dua.

Tugas ini dilakukan setiap hari yang bertujuan untuk memastikan keamanan para delegasi KTT Archipelagic and Island States (AIS) Forum 2023.
Baca juga: TNI tertibkan lalu lintas dan parkir tamu negara peserta KTT AIS
Baca juga: Toyota kerahkan 66 unit bZ4X untuk mobilitas delegasi KTT AIS Bali
Baca juga: Satgas Preventif Polri antisipasi unjuk rasa saat KTT AIS Forum 2023
Baca juga: Indonesia mempromosikan program ekonomi biru dalam KTT AIS Forum

Pewarta: Rolandus Nampu
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2023