Nantinya ada tiga tenaga di Rumah Kemasan Medan yakni satu desainer dan dua orang operator
Medan (ANTARA) - Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah  Perindustrian dan Perdagangan (Diskop UKM Perindag) Kota Medan, Sumatera Utara, memastikan Rumah Kemasan Medan diluncurkan pada akhir Oktober 2023.

"Itu target kami yang sesuai keinginan dari Kementerian Koperasi dan UKM," ujar Kepala Bidang Koperasi dan UKM Diskop UKM Perindag Medan Anwar Syarif di Medan, Selasa.

Dia melanjutkan saat ini Rumah Kemasan Medan masih dalam proses pengadaan barang.

Beberapa kelengkapan, Anwar menambahkan, sudah tiba tetapi beberapa masih ditunggu karena dibeli dengan sistem inden. "Semuanya harus selesai bulan ini," kata dia.

Selain itu, Diskop UKM Perindag Medan juga tengah memilih sosok-sosok yang akan bekerja di Rumah Kemasan itu.

Baca juga: Pemkot Medan minta UMKM "s-commerce" maksimalkan kanal digital lain

Baca juga: Menparekraf imbau pemerintah daerah gencarkan promosi wisata kesehatan


Anwar menyebutkan pihak Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) sudah menyerahkan beberapa nama yang sudah diseleksi ke Pemerintah Kota (Pemkot) Medan.

Pemkot akan menentukan siapa saja yang dirasa cocok, kemudian akan diberikan kembali Kemenkop UKM untuk disahkan.

"Nantinya ada tiga tenaga di Rumah Kemasan Medan yakni satu desainer dan dua orang operator," tutur Anwar.

Rumah Kemasan Medan berlokasi di Pusat Industri Kecil, Medan Denai. Rumah itu akan menjadi sentra pelatihan pembuatan kemasan bagi UMKM Medan yang disediakan gratis sebagai bentuk pelayanan Pemerintah Kota (Pemkot) Medan kepada UMKM.

Diskop UKM Perindag Medan mengajukan anggaran Rp1,7 miliar kepada Kementerian Koperasi dan UKM untuk membangun Rumah Kemasan tersebut.

Pemerintah Kota (Pemkot) Medan dapat membangun Rumah Kemasan lantaran terpilih menjadi salah satu dari 13 provinsi/kabupaten/kota yang mendapatkan Tugas Pembantuan Layanan Pengembangan Kemasan (Rumah Kemasan) dari Kementerian Koperasi dan UKM.

Selain ke Kota Medan, penugasan itu juga diberikan kepada Provinsi Sumatera Utara, Provinsi Riau, Provinsi Maluku, Kabupaten Pelalawan, Kota Bandar Lampung, Kabupaten Cianjur, Kabupaten Subang, Kabupaten Garut, Kabupaten Kuningan, Kabupaten Tegal, Kota Surakarta dan Kabupaten Gianyar.

Rumah Kemasan menjadi salah satu dari tujuh program prioritas Kementerian Koperasi dan UKM di bawah kepemimpinan Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki.

Baca juga: Diskop UKM Perindag Medan: UMKM berpotensi tekan inflasi

Baca juga: PaDi UMKM siap berkolaborasi dengan 'e-Commerce' UMKM Medan


Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023