Ayolah. Saya tidak dapat mempercayainya - mobil ini begitu mengagumkan. Terima kasih - hari ini sangat istimewa bagi saya,"
Monaco (ANTARA News) - Nico Rosberg menjadi putra pemenang Grand Prix Monaco pertama yang menguasai jalan-jalan di kerajaan Mediteranean itu, ketika ia mengemudikan Mercedesnya untuk meraih kemenangan pada Minggu.

Pada balapan yang diwarnai beberapa kecelakaan, bendera merah, dan intervensi mobil pengaman sebanyak dua kali, pebalap Jerman 27 tahun itu, yang merupakan putra pemenang 1983 dan pemilik julukan "Flying Finn" yang sebenarnya Keke Rosberg, menampilkan permainan sempurna untuk mengklaim kemenangan kedua sepanjang karirnya.

Setelah lebih dari dua jam 20 menit bertarung, ia unggul atas pebalap peringkat kedua yang merupakan tiga kali juara dunia asal Jerman Sebastian Vettel dan rekan setimnya di Red Bull Mark Webber asal Australia.

Pebalap Inggris Lewis Hamilton, juara 2008 dan rekan setim Rosberg di Mercedes, finis di peringkat keempat setelah turun dua posisi akibat masuknya dua mobil pengaman di awal balap.

Ini merupakan kemenangan pedana bagi tim Mercedes di Grand Prix Monaco sejak Manfred Von Brauchitsch pada 8 Agustus 1937 dan terjadi 30 tahun setelah kemenangan ayahnya. Keke Rosberg menyaksikan balapan ini dari paddock.

Rosberg, yang dikarunia tatapan seperti bintang Hollywood, tidak begitu mempedulikan para selebritis tamu untuk memperlihatkan betapa tinggi konsentrasi yang ia butuhkan, ketika ia begitu mendominasi balap dari awal sampai akhir.

"Yaaaaaa!" teriaknya di radio tim setelah melintasi garis finis. "Ayolah. Saya tidak dapat mempercayainya - mobil ini begitu mengagumkan. Terima kasih - hari ini sangat istimewa bagi saya."

Rosberg mengawali lomba dari posisi terdepan untuk ketiga kalinya secara berturut-turut, namun kali ini ia mampu mengonversi keunggulan itu menjadi kemenangan. "Bagus, Nico," kata ketua tim Mercedes Ross Brawn. "Pekerjaan fantastis. Dengan semua insiden yang terjadi, Anda melakukannya dengan sempurna."

Pebalap Jerman Adrian Sutil finis di posisi kelima untuk Force India, unggul atas pebalap Jerman Jenson Button yang membela McLaren, juara dua kali Fernando Alonso asal Spanyol yang mengendarai Ferrari, dan pebalap Prancis Jean-Eric Vergne, yang mengawali balap di posisi sepuluh dan finis di peringkat kedelapan untuk Toro Rosso.

Pebalap Inggris Paul Di Resta mengawali balap di posisi ke-14 dan finis di peringkat kesembilan dengan Force India kedua, sedangkan Kimi Raikkonen yang kurang beruntung mengisi peringkat kesepuluh untuk Lotus setelah tersingkir dari peringkat kelima akibat bertabrakan dengan pebalap agresif asal Meksiko Sergio Perez dari McLaren.

Felipe Massa asal Brazil yang mengendari Ferrari kedua mengawali balap dari baris belakang dan kembali mengalami kecelakaan seperti yang sempat ia alami pada Sabtu pagi, tabrakan yang menyebabkan bendera merah dikibarkan.

Pada klasemen pebalap, Vettel makin mengukuhkan posisinya sebagai pemuncak klasemen dengan 107 angka, unggul atas Raikkonen (86) dan Alonso (78), demikian AFP.

(H-RF)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013