Jakarta (ANTARA News) - Pembalap Formula 1 asal Jerman, Nico Rosberg, telah menjuarai Grand Prix Monaco yang sempat diwarnai dua kali safety car dan red flag, pada Minggu waktu setempat.

Meski Roseberg telah memenangi podium pertama Circuit de Monaco Monte Carlo 2013,
Ajang balap di itu menjadi menarik ketika pembalap Force India-Mercedes, Adrian Sutil, mampu meraih urutan kelima dari posisi kedelapan.

Sutil yang mengawali start di urutan kedelapan sempat surut ke posisi kesembilan saat Jensen Button dari Tim McLaren-Mercedes mengambil alih posisi rekan satu timnya, Sergio Perez, pada lap ke-10.

Sutil kembali mengejar Button yang berada di urutan ke-8 pada lap 52 dan Alonso yang berada di posisi ke-7 pada lap 57.

Pada lap 69, Raikkonen dari Tim Lotus yang menempati urutan ke-5 harus berbenturan dengan Perez di belakangnya dan masuk ke pit pada lap 70.

Ketika Raikkonen masuk pit, Perez otomatis menggantikannya dan berada di posisi ke-5 pada lap 70.

Namun, Perez harus meninggalkan sirkuit pada lap 73 karena kerusakan mobilnya dan digantikan Sutil di urutan ke-5 hingga Grand Prix selesai.

Selain drama Sutil, ajang balap Monaco 2013 juga diwarnai safety car pertama pada lap 31 setelah Felipe Massa dari Tim Ferrari mengalami kecelakaan.

Safety car kedua diturunkan dan disertai bendera merah pada lap 46 setelah terjadi kecelakaan antara Pastor Maldonado dari Tim Williams dan kedua pembalap dari Tim Marussia, Max Chilton dan Jules Bianchi. (I026)


Pewarta: Imam Santoso
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013