Jakarta (ANTARA) - Pameran alat kesehatan “Hospital Expo 2023” akan kembali digelar untuk ke-35 kalinya di Jakarta Convention Center (JCC) pada 18-21 Oktober 2023.

“Pengunjung pameran ini merupakan pembeli potensial para perusahaan peserta Hospital Expo. Pimpinan dan manajemen RS seluruh Indonesia memang sudah memasukkan dalam agenda tahunan untuk peremajaan peralatan dan pengadaan peralatan baru,” kata Direktur Pemasaran dan Finansial PT Okta Sejahtera Insani, penyelenggara Hospital Expo 2023, Yudha Imam Sutedja melalui keterangan pers di Jakarta, Rabu.

Hospital Expo merupakan pameran alat kesehatan yang menargetkan kalangan rumah sakit dan masyarakat umum serta terdiri dari 923 tenant peserta (mencakup 334 perusahaan nasional dan 235 perusahaan internasional asal Tiongkok, Taiwan, Jepang, Korea, Singapura, Thailand, Malaysia, Austria, Belgia, dan Rusia).

Baca juga: Genjot wisata medis, Medan Hospital Expo digelar

Tahun ini, Hospital Expo diproyeksikan akan dikunjungi oleh 12 ribu pengunjung setiap hari. Acara itu akan menghadirkan beragam alat kesehatan untuk dipamerkan, mulai dari perangkat diagnosis, baju seragam, alat tindakan gawat darurat, mesin laundri, tempat tidur perawatan hingga peranti teknologi informasi.

Hospital Expo 2023 juga berkolaborasi dengan PERSI untuk melakukan kegiatan seminar, lokakarya dan berbagai kompetisi bagi kalangan rumah sakit, seperti Seminar Nasional Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PERSI) ke-19 dan Seminar Tahunan Patient Safety ke-17 yang bertemakan “Sumber Daya Lokal, Berdaya Saing Global”.

Selain itu, masyarakat umum juga dapat mengunjungi tenant-tenant pameran yang menyediakan berbagai alat kesehatan untuk kepentingan pribadi, seperti alat cek gula darah, termometer, kursi roda, kruk, hingga pemerah ASI. Tidak hanya melihat tenant-tenant pameran alat kesehatan, pengunjung juga dapat menghadiri acara bincang-bincang kesehatan yang akan diselenggarakan pada Kamis, 19 Oktober 2023.

Acara bincang-bincang akan dilakukan sebanyak dua sesi, yakni sesi pertama pada pukul 10:00-12:00 WIB yang membahas tentang “Menunda Proses Menua” oleh Dr. Handrawan Nadesul dan sesi kedua pada pukul 13:00-15:00 WIB oleh Dr. dr. Riwanti Estiasari, Sp.S (K) dengan tema “Penyakit Autoimun Multipel Sklerosis (MS) & Neuromyelitis Optica (NMO): Serupa Tapi Tak Sama”.

Untuk dapat masuk ke dalam area “Hospital Expo 2023”, pengunjung dapat melakukan registrasi ke situs resmi diri dan menyumbang ke PMI DKI Jakarta sebesar Rp10 ribu.

Baca juga: Kemenkes: Alkes lokal baru kuasai 25 persen pasar dalam negeri

Baca juga: Wamenkes optimistis RI mampu ciptakan alat kesehatan berkualitas

Baca juga: OMRON hadirkan alat ukur tekanan darah dengan koneksi bluetooth

Pewarta: Vinny Shoffa Salma
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2023