"Simulasi ini adalah bagian dari persiapan kita untuk menjaga ketertiban dan keamanan dalam pelaksanaan Pemilu. Kami berkomitmen untuk memastikan proses pemilihan berlangsung lancar dan tanpa hambatan,"
Makassar (ANTARA) - Komisi Pemlihan Umum (KPU) Kabupaten Gowa bersama Polres Gowa menggelar simulasi pengamanan Tempat Pemungutan Suara (TPS) guna persiapan pelaksanaan Pemilu 2024 di pelataran Museum Balla Lompoa, Kecamatan Somba Opu, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan.

"Simulasi ini adalah bagian dari persiapan kita untuk menjaga ketertiban dan keamanan dalam pelaksanaan Pemilu. Kami berkomitmen untuk memastikan proses pemilihan berlangsung lancar dan tanpa hambatan," ujar Kepala Bagian Operasi AKP Darwis Daud, Rabu.

Personil yang ditugaskan melakukan berbagai tahap simulasi untuk memastikan pengamanan TPS selama Pemilu berjalan dengan baik dan aman bagi seluruh warga. Simulasi tersebut kata Darwis, adalah bagian dari persiapan dalam menjaga ketertiban dan keamanan dalam pelaksanaan Pemilu

Anggota Komisioner KPU Gowa Salam Samad pada kesempatan itu menambahkan, pihaknya memberi apresiasi pelaksanaan kegiatan simulasi tersebut sebagai bentuk persiapan menghadapi kemungkinan-kemungkinan yang bisa saja terjadi.

"Kami sangat mengapresiasi kerja sama dengan Polres Gowa dalam persiapan Pemilu. Dengan simulasi ini, kita dapat memastikan bahwa pengamanan TPS berjalan dengan baik, dan warga dapat memberikan suara mereka dengan aman," paparnya.

Simulasi tersebut mencakup pengamanan TPS, penanganan situasi darurat, dan koordinasi antara Polres Gowa dan KPU Gowa. Semua tahap simulasi dilakukan dengan penuh dedikasi, menunjukkan komitmen mereka untuk menjaga keamanan dan ketertiban selama Pemilu.

Dengan simulasi pengamanan TPS itu, Polres Gowa bersama KPU Gowa siap memastikan bahwa Pemilu di wilayah Gowa berjalan dengan sukses dan tanpa kendala. Pihaknya berharap agar masyarakat menyalurkan hak suaranya aman dan nyaman di hari pemungutan suara nanti 14 Februari 2024.

Selain simulasi pengamanan TPS, Polres Gowa juga menggelar simulasi Tactical Floor Game (TFG) yang merupakan taktik pengamanan bertujuan untuk mempersiapkan aparat keamanan dalam menghadapi potensi situasi darurat atau ancaman selama proses pemilu.

"TFG ini merupakan langkah konkret dalam memitigasi potensi kerawanan yang mungkin muncul selama proses pemilu. Kami ingin memastikan bahwa masyarakat Gowa dapat menggunakan hak pilihnya dengan aman dan nyaman," tutur Wakapolres Gowa Kompol Soma Miharja.

Pewarta: M Darwin Fatir
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2023