Koba, Babel, (ANTARA) - Kepolisian Resor Bangka Tengah di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menggelar latihan sistem pengamanan kota sebagai persiapan pengamanan pelaksanaan Pemilu 2024.

"Simulasi sispamkota ini untuk mematangkan berbagai persiapan yang sedang kami laksanakan untuk menyukseskan Pemilu 2024," kata Kabag Ops Polres Bangka Tengah, AKP Adi Putra, di Koba, Kabupaten Bangka Tengah, Kepulauan Bangka Belitung, Rabu.

Baca juga: Polisi Kediri gelar simulasi sistem pengamanan jelang Pemilu 2024 

Ia menjelaskan, simulasi sispamkota dilaksanakan agar seluruh personel yang terlibat dalam pengamanan pemilu semakin memahami fungsi, peran dan kemungkinan tindakan yang akan dilakukan jika terjadi ancaman gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat.

"Walaupun kita tidak menginginkan terjadi konflik dalam pemilu, namun upaya antisipasi perlu kita lakukan dengan menggelar simulasi sispamkota ini," ujarnya.

Baca juga: KPU-Polres Gowa gelar simulasi pengamanan Pemilu 2024

Ia mengatakan, sispamkota juga bagian dari Operasi Mantap Brata sebagai antipasi bilamana ada aksi unjuk rasa sebagai bentuk ketidakpuasan pada hasil pemilu. "Pada simulasi ini kami menyiapkan fasilitas simulasi kantor KPU, Bawaslu, peralatan Danmas dan perlengkapan lainnya," ujarnya.

Ia berharap semua pihak tidak terprovokasi pada Pemilu 2024 sehingga memicu terjadi konflik horizontal antar pendukung calon tertentu. "Sispamkota dilaksanakan dengan sungguh-sungguh supaya kita dapat melaksanakan tugas pengamanan pada seluruh rangkaian tahapan pemilu," ujarnya.

Baca juga: Kodam XVII/Cenderawasih siagakan 2.784 prajurit di Papua Pegunungan

Ia mengimbau seluruh personel yang terlibat selalu mengikuti latihan dengan sungguh-sungguh agar siap siaga saat dibutuhkan. "Kami mengerahkan sebanyak 470 personel untuk pengamanan mulai dari tahapan hingga pelantikan kepala daerah," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2023