Jakarta (ANTARA) - Staf Operasi (Sops) Polri telah mempersiapkan upaya pengamanan agenda nasional mulai dari tahapan Pemilu 2024 yang dimulai bulan Oktober 2023, Piala Dunia U-17 pada November 2023, Natal, dan Tahun Baru 2024.

Kepala Bagian Analisis dan Evaluasi (Anev) Sops Polri Kombes Pol. M Firman di Jakarta, Rabu, mengatakan Sops Polri sudah menyusun operasi kepolisian terkait pelaksanaan pengamanan kegiatan-kegiatan nasional tersebut.

“Terkait dengan pengamanan karena kita melihat setelah pelaksanaan pendaftaran pemilu, nanti akan ada pelaksanaan  Piala Dunia U-17, Natal, Tahun Baru 2024, pilkada dan sebagainya tentu itu semua sudah disusun ops Polri terkait dengan pelaksanaan nanti,” kata Firman.

Sops Polri, kata dia, sudah mulai menyusun perencanaan hingga pelaksanaan operasi pengamanan.

“Tentunya tahapan-tahapan itu akan selalu disimulasikan melalui latihan praoperasi dan sebagainya,” katanya.

Ia memastikan jumlah personel Polri dalam mengamankan rangkaian panjang agenda nasional tersebut sudah disiapkan sehingga tidak menjadi kendala.

Baca juga: Polresta Palangka Raya giatkan latihan pengamanan Pemilu 2024
Baca juga: Polres OKU gelar Sispamkota antisipasi konflik jelang Pemilu 2024


“Semua personel kami bagi semua. Diharapkan tidak ada satu pun tumpang tindih dalam pelaksanaan sehingga semua pasukan harus digelar sesuai tingkat kerawanan,” kata Firman.

Untuk pengamanan Pilkada 2024, Polri menggelar Operasi Mantap Brata 2024 yang rencananya dimulai tanggal 17 Oktober 2023 selama 222 hari. Melibatkan 434.197 personel mulai tingkat Mabes Polri hingga polda jajaran.

Kemudian pada bulan November-Desember 2023, Polri akan melakukan pengamanan pelaksanaan Piala Dunia U-17 di empat stadion meliputi Jakarta Internasional Stadium (JIS) di Jakarta Utara, Stadion Si Jalak Harupat (SJH) di Kabupaten Bandung (Jawa Barat); Stadion Manahan Solo (Jawa Tengah), dan Stadion Gelora Bung Tomo (BGT) di Surabaya (Jawa Timur).

Pada akhir Desember 2023, setiap tahun digelar Operasi Lilin dalam rangka pengamanan Natal dan Tahun Baru 2024.

Bersamaan itu,katanya, pengamanan untuk tahapan Pemilu 2024 berjalan sampai hari pencoblosan dan pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih, termasuk rangkaian Pilkada Serentak 2024.

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2023