Jakarta (ANTARA) - Lima berita hukum pada Rabu (11/10) masih menarik untuk dibaca dan menjadi perhatian publik, mulai dari AIS Forum gandeng para ilmuwan untuk mencari inovasi dalam menangani isu kelautan hingga Bawaslu Pangkalpinang mengajak warga jaga situasi kondusif Pemilu 2024.

Klik di sini untuk berita selengkapnya:

1. AIS Forum gandeng ilmuwan cari inovasi tangani isu kelautan

Forum Negara Pulau dan Kepulauan (AIS Forum) menggandeng para ilmuwan untuk mencari inovasi dalam menangani isu kelautan.

“Konferensi ini penting karena menjadi tempat pembelajaran, pertukaran ide, dan berbagi inovasi terkait masalah krusial yang dihadapi oleh laut dan masa depan sebuah negara kepulauan,” kata Kepala Sekretariat AIS Forum Riny Modaso di sela KTT AIS Forum 2023 di BNDCC Nusa Dua, Kabupaten Badung, Bali, Rabu.

Selengkapnya klik di sini.

2. Wapres: Pendeta jadi "game changer" percepatan pembangunan Papua

Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin mengemukakan peran pendeta sebagai pemuka agama menjadi game changer menuju percepatan pembangunan ekonomi dan kesejahteraan di Papua.

"Di dalam kita menyusun Papua menjadikan daerah ini lebih sejahtera dan maju, maka peran para pimpinan agama, gereja, pimpinan para pendeta, itu menjadi kunci untuk game changer-nya," kata Ma'ruf saat bertemu dengan sejumlah pengurus gereja di Jayapura, Papua, Rabu.

Selengkapnya klik di sini.

3. Polresta Palangka Raya giatkan latihan pengamanan Pemilu 2024

Kepolisian Resor Kota Palangka Raya di Kalimantan Tengah terus menggiatkan atau melakukan berbagai persiapan untuk mengoptimalkan tugas pengamanan selama berjalannya Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 di wilayah hukumnya.

Wakil Kepala Satuan Samapta Polresta Palangka Raya, AKP I Ketut Warsa, di Palangka Raya, Rabu, mengatakan latihan pelaksanaan pengendalian massa (dalmas) awal yang berlangsung di Mapolresta Palangka Raya, bertujuan untuk mengamankan jalannya Pemilu 2024 yang tidak lama lagi akan segera digelar secara serentak.

"Latihan digelar guna mempersiapkan tugas pengamanan selama tahapan Pemilu 2024, dalam hal ini dalmas awal berfungsi untuk menjaga keamanan dan ketertiban dalam setiap kegiatan bersifat massa seperti unjuk rasa, aksi damai dan lain sebagainya,” katanya.

Selengkapnya klik di sini.

4. Polres OKU gelar Sispamkota antisipasi konflik jelang Pemilu 2024

Kepolisian Resor Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatra Selatan menggelar pelatihan sistem pengamanan kota dengan melibatkan 170 personel guna mengatasi konflik saat Pemilu 2024.

Kepala Polres OKU AKBP Arif Harsono, di Baturaja, Kabupaten OKU, Sumatera Selatan, Rabu, mengatakan, pelatihan pengendalian massa (Sispamkota tersebut bertujuan untuk mempersiapkan mental personel dalam mengamankan Pemilu 2024 di wilayah itu.

"Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan personel dalam persiapan pengamanan Pemilu 2024," katanya.

Selengkapnya klik di sini.

5. Bawaslu Pangkalpinang mengajak warga jaga situasi kondusif Pemilu 2024

Badan Pengawasan Pemilihan Umum Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mengajak seluruh warga ikut berperan aktif dalam menjaga situasi kondusif, aman dan damai menjelang pelaksanaan Pemilu 2024.

"Saat ini beberapa tahapan sudah mulai berjalan dan situasi masih sangat aman dan nyaman, kami berharap situasi seperti ini bisa terus dijaga sehingga Pemilu 2024 berjalan damai, lancar, sukses dan sesuai aturan yang berlaku," kata Ketua Bawaslu Pangkalpinang, Imam Ghozali, di Pangkalpinang, Kepulauan Bangka Belitung, Rabu.

Selengkapnya klik di sini.

Pewarta: Narda Margaretha Sinambela
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2023