Produk Mode dan Perhiasan Termasuk Barang-Barang Terlaris

Kuala Lumpur, Malaysia, (ANTARA/PRNewswire)- "Shopee Spotlights Local" melansir daftar live stream seller dengan kinerja terbaik dari setiap negara bagian di Malaysia, sukses meraup penjualan barang senilai MYR 4,6 juta dalam 12 bulan terakhir setelah menggelar lebih dari 2.300 sesi live stream.*


Setengah dari livestream seller yang paling aktif, menjual produk mode, terdiri atas produk mode baru dan bekas pakai. Sementara, seperempat dari penjualan livestream berasal dari produk perhiasan, parfum, dan kecantikan.

Menariknya, empat live stream seller terbaik asal Penang menjual produk perhiasan. Maka, wilayah Utara Malaysia mencatat omzet tertinggi dari Shopee Live dengan nilai penjualan MYR 1,5 juta, disusul wilayah Tengah dengan nilai penjualan MYR 1,2 juta. Wilayah yang paling aktif adalah Pantai Timur, dan 30% stream di wilayah ini melibatkan seller di Kelantan, Terengganu, dan Pahang. Seluruh livestream seller di negara bagian di Malaysia, kecuali Johor, menjual paket produk dan produk bekas pakai.

Kalangan seller Shopee Live juga memanfaatkan interaksi dan jangkauan pelanggan yang baik, bahkan mencatat kenaikan yang luar biasa. Salah satu seller tersebut, Lulu Waniey, pemilik Lulu Resources asal Kota Kota Bharu, Kelantan, yang menawarkan busana Muslim**.

Sebelum memanfaatkan Shopee Live, Lulu berjualan di pasar-pasar tradisional, seperti Pasar Malam dan Pasar Pagi. Kadang kala, omzetnya hanya tercatat RM100, dan Lulu harus berhadapan dengan sejumlah kendala seperti menyewa toko dan jadwal buka pasar yang tidak menentu. Lantas, dia pun berupaya mengubah peruntungannya dengan mencoba Shopee Live. Hasilnya, dia berhasil memperluas basis pelanggan dan meningkatkan omzet hingga RM100.000 per bulan.

Lulu berkata, "Kini, 100% aktivitas penjualan saya berasal dari Shopee Live. Setelah mempelajarinya dan merasa percaya diri, saya seperti memiliki toko berukuran besar dan pelanggan menunggu-nunggu tayangan saya. Lebih lagi, saya pun dapat menyeimbangkan kehidupan pribadi dan pekerjaan, bahkan menghabiskan lebih banyak waktu bersama keluarga. Setelah mengelola bisnis di Shopee Live, saya tak hanya merasa gembira, namun juga puas."

Sementara, Ooi Zhi Wei, Pemilik Zhi Wei Herb, menjual bahan herbal dan kacang-kacangan dengan mutu baik, termasuk pihak yang paling awal terjun ke Shopee Live pada 2019***. Zhi Wei gemar berinteraksi tatap muka dengan pelanggan, melakukan demonstrasi produk secara real-time, serta menjamin transparansi pada setiap live stream.

Seperti Lulu Resources, Zhi Wei Herb juga segera memperoleh hasil. "Kinerja toko saya pun meningkat drastis. Berkat hubungan yang lebih erat bersama pelanggan, arus kunjungan toko saya pun semakin tinggi. Misalnya, jika jumlah penonton mencapai 12.000 orang per sesi, sekitar 70% di antaranya mengunjungi gerai kami di Shopee."

Catatan bagi Redaktur:


*Buklet "Shopee Spotlights Local - Unveiling Malaysian Gems" memuat daftar live seller dengan kinerja terbaik di setiap negara bagian di Malaysia, baik berdasarkan jumlah livestream terbanyak dan omzet tertinggi pada periode 12 bulan terakhir hingga 31 Juli 2023:


**Gerai Lulu Resources Shopee: https://shopee.com.my/luluresources

***Gerai ZhiWei Herb Shopee: https://shopee.com.my/ooizhiwei1171 

Tentang Shopee

Shopee adalah platform e-commerce terkemuka di Asia Tenggara & Taiwan. Shopee mempromosikan ekosistem digital yang inklusif dan berkelanjutan dengan membantu pelaku usaha menjalankan digitalisasi, serta mengembangkan bisnis online. Shopee juga membantu berbagai orang mengakses dan memanfaatkan layanan digital sekaligus memberdayakan komunitas lokal.

Shopee menawarkan pengalaman yang mudah, aman, dan menarik bagi jutaan orang setiap hari. Shopee juga menjadi kontributor utama dalam ekonomi digital Asia Tenggara dengan komitmen kuat untuk membantu berbagai merek dan pelaku usaha lokal agar meraih sukses di sektor e-commerce.

Shopee adalah bagian dari Sea Limited (NYSE: SE), perusahaan consumer internet terkemuka di dunia. Sea menjalankan misi untuk meningkatkan kehidupan konsumen dan pelaku usaha kecil dengan teknologi melalui tiga bisnis inti: Shopee, Garena, dan SeaMoney.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2023