Jakarta (ANTARA) - Atlet lari dari New Balance Aprilia menjelaskan bahwa meskipun lari merupakan salah satu olahraga yang praktis, namun ada beberapa hal yang perlu dipahami untuk menghindari cedera.

Salah satu cara yang perlu dilakukan agar olahraga lari bisa menjadikan tubuh menjadi sehat dan menyenangkan adalah memulai dari jarak yang pendek terlebih dulu.

”Kalau orang awam ya, coba di jarak pendek terlebih dulu. Nyamanin di jarak pendek dulu baru nanti kalau sudah nyaman, tingkatkan lagi. Misal kalau di event, jarak pendeknya itu yang 5K jadi bisa ikut yang itu dulu,” kata Aprilia saat dijumpai di Jakarta Pusat, Kamis.

Atlet dari Hoka Novia Nur Nirwani juga menyampaikan hal serupa dalam kesempatan yang sama. Dia menyarankan agar para pemula tidak malu untuk berlari sesuai pace atau ritme berlari masing-masing. Sebab, rasa gengsi justru bisa membuat seseorang lebih cepat mengalami kelelahan atau cedera.

”Sebisa mungkin atur pace dari kilo pertama, kedua, ketiga. Kalau merasa ada tenaga lebih, baru di kilometer terakhir bisa menambah (kecepatan),” kata Novia.

Baca juga: Pelari Kenya pecahkan rekor dunia maraton di ajang Chicago Marathon

Untuk menjaga stamina saat berlari, Aprilia juga membagikan strategi yang bisa dilakukan saat mengikuti ajang lari.

Misalnya apabila di jalur tanjakan, pace lari bisa diturunkan agar tidak menguras energi. Kemudian ketika di jalur menurun, pace bisa semakin ditingkatkan untuk mengejar keterlambatan saat di tanjakan.

Selain itu, Aprilia menyarankan untuk berlatih secara konsisten terlebih dulu sebelum berpartisipasi ke acara lari.  Dengan latihan, tubuh akan semakin siap dan bisa menghindari kemungkinan cedera saat menjalani lomba lari.

Beristirahat yang cukup dan menjaga pola makan sebelum menjalani lomba lari juga penting untuk dilakukan, kata kedua atlet muda tersebut. Tentunya, hal ini juga akan sangat mempengaruhi stamina saat berlari.

”Biasanya kalau sebelum bertanding itu, makanan pedas benar-benar dihindari. Itu bisa mempengaruhi, entah itu mulas saat lari atau merasa perutnya nggak nyaman,” jelas Novia.

Baca juga: Agus dan Odekta gagal naik podium di Asian Games 2022

Pewarta: Lifia Mawaddah Putri
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Copyright © ANTARA 2023