Jakarta (ANTARA) - Menyiapkan kekuatan fisik kerap kali dianggap sebagai hal tersulit yang perlu dilakukan untuk ajang lari maraton. Padahal, menaklukkan pikiran dan menyiapkan mental juga penting dalam menentukan keberhasilan lari maraton.

Mengingat pentingnya kesiapan mental, Maybank Indonesia melalui penyelenggara Maybank Marathon 2023 membagikan sejumlah tips bagi pelari dalam menyiapkan mental.

Tips berikut cocok bagi Anda yang akan mengikuti kompetisi lari maraton seperti Maybank Marathon 2023 yang digelar pada tanggal 27 Agustus 2023 di Bali Safari & Marine Park, Gianyar, Bali.

Di samping itu, tips berikut bermanfaat bagi Anda yang ingin berlatih mengembangkan ketahanan mental untuk mencapai garis akhir. Berikut tipsnya, sebagaimana dikutip dari siaran pers di Jakarta pada Jumat.

Baca juga: Dokter sarankan pelari segera tangani cedera agar tak sakit berlanjut

Sistem pendukung yang kuat

Ajang lari maraton tidaklah mudah mengingat Anda harus melakukan latihan secara konsisten terlebih dahulu. Latihan juga kerap menyita waktu serta membuat lelah dan jenuh.

Untuk menyiasati hal itu, Anda dapat mencari dan bergabung dengan komunitas lari untuk memiliki sistem pendukung (support group) yang kuat.

Melalui komunitas lari, Anda dan rekan dapat saling memberikan semangat. Dengan begitu, Anda dapat terus menumbuhkan spirit berlari dan membangun ketahanan mental.

Latihan bertahap dan konsisten

Jarak tempuh yang jauh dalam lari maraton bisa menakutkan bagi sebagian orang. Untuk mengatasinya, Anda dapat memecah jarak menjadi beberapa bagian yang lebih pendek. Dengan begitu, Anda memiliki target yang lebih mudah namun bertahap dicapai.

Jangan lupa untuk memperhatikan lokasi para pendukung, landmark, ataupun konsumsi cairan untuk mencegah dehidrasi. Apresiasilah diri dan sesama saat berhasil mencapai tahap demi tahap.

Menjaga pikiran positif

Memiliki pikiran yang positif juga penting dalam lari maraton. Saat berlari, bukan tidak mungkin Anda akan merasa kelelahan yang menantang mental, baik pelari pemula maupun profesional.

Oleh sebab itu, pastikan pikiran positif tetap terjaga. Hal ini juga akan memberikan energi pada diri Anda untuk melewati rintangan dan menjauhkan diri dari perasaan lelah.

Lihat dan nikmati sekeliling

Saat berlari, cobalah lihat ke sekitar Anda. Selama menempuh perjalanan, mungkin saja ada hal menarik yang dapat mengalihkan perhatian dari jarak lari yang jauh.

Alih-alih berlari hanya melihat ke bawah, Anda dapat melihat pemandangan alam yang indah, keramaian masyarakat sekitar, atau para pendukung. Dengan begitu, Anda dapat tersenyum serta merasa lebih nyaman dan penuh semangat.

Fokus pada diri sendiri

Perlu diingat bahwa lari maraton diperuntukkan bagi diri sendiri, jangan pantau secara terus-menerus apa yang dilakukan orang lain. Tetaplah fokus pada tujuan sambil terus mendukung sesama peserta.

Berhati-hatilah untuk tidak terjebak dalam situasi yang akan membandingkan kecepatan lari Anda dengan orang lain. Fokuslah pada pernapasan dan langkah Anda sendiri.

Baca juga: Yang perlu dipersiapkan untuk ikuti lari maraton

Baca juga: Tips lari maraton bagi pemula

Baca juga: Dokter beri tips dan persiapan memulai maraton

Pewarta: Rizka Khaerunnisa
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023