Proposal riset bersama telah terkirim dan dalam proses pembahasan sejak Juni 2023 dan sedang dalam proses review
Makassar (ANTARA) - Fakultas Hukum Universitas Muslim Indonesia (UMI) dan Utrech University, Belanda, menjajaki kerja sama penelitian bersama yang terfokus dalam persoalan konstruksi hukum.

Dekan FH UMI Prof Dr La Ode Husen, dalam keterangannya di Makassar, Kamis, mengatakan proposal riset bersama telah terkirim dan dalam proses pembahasan sejak Juni 2023 dan sedang dalam proses review.

"Karena itu, kunjungan delegasi UMI ke Utrech University, untuk lebih menguatkan pembahasan khususnya elaborasi dan kebijakan terkait,"ujarnya.

Baca juga: Unand fokus jalin kolaborasi dengan perguruan tinggi di Asia Tenggara

Wakil Rektor V UMI Prof Dr Ir HM Hattah Fattah, MS menambahkan, dalam kunjungan ke Utrech University juga dilakukan pertemuan dengan UCWOSL, salah satu pusat studi yang fokus pada hukum air dan laut.

Guru Besar FPIK UMI ini juga memaparkan pertemuan ini juga menindaklanjuti kunjungan Delegasi UMI ke National University of Singapore (NUS) sebelumnya, dimana keduanya juga membahas kesepakatan terkait penelitian hukum laut berdasarkan konsepsi Ammana Gappa dan menawarkan ke Utech University untuk kerjasama triparti Universitas Muslim Indonesia, National Universty Singapore dan Utrech Universty Belanda.

Prof Hatta menjelaskan, UMI telah berkoordinasi dengan NUS dan melalui Dr Effendy dari South Asia Department NUS menyatakan menyambut baik rencana tersebut dan segera melakukan pembahasan internal di NUS.

Baca juga: Rektor Unair tekankan kerja sama riset internasional ke guru besar

Pertemuan dengan UCWOSL sekaligus menawarkan konsep riset bersama triparti antara Universitas Muslim Indonesia, National Universty Singapore dan Utrech Universty Belanda di Surabaya yang dilaksanakan NUS pada tahun 2024 yang dikoordinir Dr. Donna.

"Alhamdulillah pihak NUS sangat merespon usulan riset bersama triparti tiga kampus terbesar dari tiga negara ’ujar Prof Hatta.

Ketua LLM Utrech University Dr Pauline menyambut baik dan apresiasi atas konsep kerjasama penelitian FH UMI dengan Utrech University. Selain itu juga apresiasi atas konsep UMI dalam kegiatan riset bersama triparti ketiga lembaga dari tiga negara.

Dr Pauline juga pada kesempatan tersebut mempersilakan UMI untuk segera mempersiapkan term of referance (ToR) Dan melalui Prof Hatta diminta melakukan koordinasi dengan NUS .

Baca juga: UI perkuat kolaborasi kerja sama dengan Universitas di Australia

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2023