"Delapan unit rumah terbakar dalam peristiwa ini dan ditaksir kerugian sekitar Rp1 miliar,"
Makassar (ANTARA) - Sebanyak delapan unit rumah hangus terbakar di Desa Manurunge Kecamatan Ulaweng Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan, Kamis, yang menelan satu orang korban jiwa.

Kapolsek Ulaweng, Bone Iptu Hasanuddin menyebutkan bahwa kebakaran terjadi di Jalan Budi Utomo, Jalan Gotong Royong dan Jalan Manurunge Desa Manurunge Kecamatan Ulaweng Bone dengan jumlah delapan unit rumah warga luder terbakar api.

"Delapan unit rumah terbakar dalam peristiwa ini dan ditaksir kerugian sekitar Rp1 miliar," kata dia.

Tak hanya itu, seorang warga dilaporkan jadi korban dalam peristiwa kebakaran tersebut. Korban atas nama Luspiana bin Indar Dewi yang merupakan disabilitas.

"(Luspiana bin Indar Dewi) sedang tidur di rumah Misna Kube yang juga ikut terbakar hingga hangus," ungkap Hasanuddin.

Hingga saat ini, belum diketahui penyebab terjadinya kebakaran. Namun api telah dapat dipadamkan oleh empat unit mobil Pemadam Kebakaran Pemerintah Kabupaten Bone dibantu satu unit mobil tangki BPBD Bone serta masyarakat sekitar.

Sebelumnya, Koordinator Bidang Data dan Informasi BMKG Makassar Hanafi Hamzah meminta masyarakat dan pemerintah waspada terhadap kebakaran hutan yang berpotensi terjadi pada musim kemarau tahun 2023 ini sebagai dampak fenomena El Nino.

Namun bukan hanya hutan, kondisi kekeringan ekstrem akibat El Nino juga berpotensi terhadap terjadinya kebakaran di area pemukiman yang dampaknya bisa meluas dan menjalar lebih cepat.

Pewarta: Nur Suhra Wardyah
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2023