Ambon (ANTARA) - Musibah kebakaran rumah di kawasan BTN Kebun Cengkeh Blok C1 RT 003 RW 015 Negeri Batu Merah Kecamatan Sirimau (Kota Ambon) menewaskan seorang warga berusia 63 tahun.

"Korban meninggal dunia atas nama Ny. Mariam Basalamah selaku pemilik rumah," kata Kasi Humas Polresta Pulau Ambon dan PP Lease Ipda Janete S. Luhukay di Ambon, Maluku, Selasa.

Baca juga: Kebakaran di Pontianak tewaskan satu warga

Menurut dia, untuk penyebab kebakaran berawal dari tiang kabel yang berada tepat di atas atap genteng rumah milik korban.

Menurut keterangan saksi Andi Rumbaru (59), awalnya dia sementara memasak air kemudian mendengar suara percikan dan dia langsung berlarian dari arah dapur ke depan rumah.

Baca juga: Kebakaran di Makassar tewaskan lima orang

Saksi melihat api sudah berada tepat di atas genteng rumah korban dan berusaha membangunkan korban dari luar pagar rumah namun tidak ada jawaban sama sekali dari arah dalam.

"Pada saat itu saksi melihat kobaran api semakin membesar sampai ke ruang tamu rumah korban dan yang bersangkutan tidak bisa masuk ke dalam rumah sehingga dia meminta pertolongan kepada warga sekitar," kata Janete.

Baca juga: Damkar Kota Bogor evakuasi sarang tawon yang tewaskan warga

Pukul 05.30 WIT enam unit mobil pemadam kebakaran Pemkot  Ambon bersama personel Polsek Sirimau tiba di lokasi kejadian dan langsung bersama-sama dengan warga setempat memadamkan api dan melakukan pendinginan di TKP.

"Polisi juga mengevakuasi jasad korban ke Rumah Sakit Bhayangkara Ambon sekaligus membuat surat penolakan autoupsi (pemeriksaan mayat) karena adanya keberatan pihak keluarga," ucapnya.

Baca juga: Kebakaran di Sukabumi tewaskan seorang warga
Baca juga: Polisi: kebakaran Perumnas Bekasi tewaskan seorang warga

Pewarta: Daniel Leonard
Editor: Tunggul Susilo
Copyright © ANTARA 2024