Seoul (ANTARA) - Kapal induk bertenaga nuklir USS Ronald Reagan tiba di pelabuhan tenggara Busan untuk mengikuti latihan angkatan laut trilateral antara Amerika Serikat, Korea Selatan dan Jepang sebagai pertunjukan kekuatan kepada Korea Utara.

Armada Kapal Induk Penyerang 5, yang mencakup kapal induk, kapal perusak USS Shoup yang dilengkapi Aegis, dan kapal perang lainnya, berlabuh di pangkalan angkatan laut di Busan, 320 kilometer tenggara Seoul, untuk kunjungan lima hari.

Armada kapal induk penyerang AS ikut serta dalam latihan trilateral bersama kapal perang Korsel dan Jepang di perairan internasional di tenggara pulau resor Korsel Jeju pada Senin dan Selasa, latihan pertama yang demikian sejak 2016.

USS Ronald Reagan terakhir berkunjung ke Korsel pada September 2022, pertama kalinya setelah empat tahun. Ini adalah kapal induk AS kedua yang mengunjungi negara itu tahun ini setelah USS Nimitz berlabuh di Busan pada Maret untuk melakukan latihan angkatan laut dengan Korsel.

Kunjungan ini terjadi di tengah meningkatnya ketegangan di Semenanjung Korea setelah Korut meresmikan kapal selam "serangan nuklir taktis" baru bulan lalu. Negara itu juga berjanji meluncurkan satelit mata-mata militer kembali bulan ini setelah dua kali percobaan gagal tahun ini.

Kementerian Pertahanan Korsel mengatakan kedatangan armada kapal penyerang telah dijadwalkan sebagai bagian dari komitmen AS untuk lebih meningkatkan “visibilitas rutin” aset-aset strategis di semenanjung sebagaimana diuraikan oleh para pemimpin mereka dalam Deklarasi Washington yang dikeluarkan pada bulan April tahun ini.

Selama berlabuh di Busan, armada kapal induk penyerang berencana mengadakan pertukaran persahabatan dengan Angkatan Laut Korsel.

Sumber: Yonhap-OANA
Baca juga: Korsel, AS, Jepang gelar latihan maritim libatkan kapal induk
Baca juga: Kapal induk AS masuki pelabuhan Korsel sikapi uji rudal Korut
Baca juga: Korut tembakkan rudal ketika Korsel bersiap sambut kapal induk AS

Penerjemah: Yoanita Hastryka Djohan
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2023