tetap melestarikan budaya membaca karena buku merupakan jendela dunia
Palu (ANTARA) - Kepolisian Resor Kota (Polresta) Palu, Sulawesi Tengah menyalurkan 650 eksemplar buku kepada sejumlah sekolah yang ada di daerah itu guna meningkatkan literasi anak sejak dini.
 
"Polresta Palu menyalurkan 650 eksemplar buku dalam program Polri peduli literasi. Tujuan penyaluran buku tersebut untuk meningkatkan minat baca masyarakat, khusus generasi muda di Kota Palu," kata Kepala Polresta (Kapolresta) Palu Kombes Pol Barliansyah di Palu, Jumat.
 
Ia mengatakan program Polri peduli literasi tersebut merupakan langkah konkret yang dilaksanakan kepolisian, termasuk Polresta Palu dalam mencerdaskan anak bangsa.
 
Barliansyah menyebutkan buku yang disalurkan tersebut tidak hanya di sekolah umum seperti sekolah dasar (SD), sekolah menengah pertama (SMP), tetapi juga pada sejumlah pesantren di ibu kota Sulawesi Tengah itu.

Baca juga: Kapolda Aceh ajak santri tingkatkan literasi cegah hoaks
Baca juga: Polda Aceh salurkan 22 ribu buku tingkatkan literasi masyarakat
 
Menurut dia, langkah ini juga sebagai upaya Polresta dalam menambah wawasan, pengetahuan serta mendorong kecerdasan anak sejak dini.
 
"Di era serba digital saat ini, kami berharap anak-anak dapat tetap melestarikan budaya membaca karena buku merupakan jendela dunia," kata dia.
 
Barliansyah juga mengatakan, budaya literasi penting untuk mewujudkan Generasi Emas 2045 dimulai dari anak-anak yang masih bersekolah.
 
Oleh karena itu, Polri berkontribusi mendorong budaya literasi kepada para siswa agar ke depan menjadi orang-orang yang berkualitas memimpin bangsa dan menjadi masyarakat produktif.
 
Ia berharap dengan adanya penyaluran buku tersebut dapat meningkatkan minat baca, wawasan serta mengurangi angka buta aksara di daerah itu.

Baca juga: Polri beri masyarakat literasi bahaya hoaks
Baca juga: Operasi Keselamatan 2022 jadi ajang literasi berlalu lintas
Baca juga: KarobinkarPolri luncurkan 3 buku soal bangun SDM unggul Polri

Pewarta: Nur Amalia Amir
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023