"Untuk para pemudik sebelum melakukan perjalanan, harap memastikan kendarannya layak untuk digunakan di jalan dan lengkapi surat administrasi kendaraan,"
Palu (ANTARA) - Kepolisian Resor Kota (Polresta) Palu, Sulawesi Tengah mengimbau para pemudik untuk selalu tertib berlalulintas dengan mematuhi peraturan yang ada demi keselamatan bersama.
 
"Untuk para pemudik sebelum melakukan perjalanan, harap memastikan kendaraannya layak untuk digunakan di jalan dan lengkapi surat administrasi kendaraan," kata Kepala (Polresta) Palu Kombes (Pol) Barliansyah di Palu, Jumat.
 
Ia meminta kepada pemudik agar selama diperjalanan bisa mentaati aturan yang ada, tertib berlalu lintas dan mengutamakan keselamatan baik diri sendiri maupun orang lain.
 
Barliansyah juga menghimbau kepada para pemudik yang melakukan perjalanan harus selalu mengecek kendaraan, serta selalu berhati-hati dalam berkendara saat dalam perjalanan.
 
“Jika semuanya mematuhi rambu-rambu peraturan lalu lintas, maka tidak akan terjadi kecelakaan,” katanya.
 
Barliansyah mengemukakan, pemudik dianjurkan untuk beristirahat di pos yang telah didirikan di sepanjang jalur mudik apabila merasa lelah dalam perjalanan.
 
Ia berharap kepada pemudik untuk memastikan kondisi fisik sehat saat melakukan perjalanan agar dapat menghindari angka kecelakaan.
 
“Apabila capek, lelah, dan ngantuk, hendaknya istirahat terlebih dahulu, kemudian jika tidak aman jangan mendahului, kurangi kecepatan, selalu berkonsentrasi dalam berkendaraan," katanya.
 
Tidak hanya itu, Barliansyah juga menekankan masyarakat untuk selalu mengecek serta memastikan rumah sudah dalam keadaan terkunci dan listrik dalam keadaan mati saat akan ditinggalkan dalam keadaan kosong.

Pewarta: Nur Amalia Amir
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2023