Jakarta (ANTARA) - Dua gim lokal, yaitu Lokapala dan Battle of Guardians, termasuk dalam daftar nomor yang akan dipertandingkan dalam babak main event kejuaraan olahraga elektronik Piala Presiden Esports (PPE) 2023 siap digelar pada 21 hingga 22 Oktober di Tennis Indoor Senayan Jakarta.

Dengan adanya dua gim lokal di ajang yang mengusung tema “Esports Untuk Negeri” ini, Ketua Bidang Hubungan Masyarakat dan Komunikasi Pengurus Besar Esports Indonesia (PB ESI) Debora Imanuella mengungkapkan rasa senangnya. Sebab, menurut dia, sangat penting gim lokal ada di dalam sebuah turnamen berskala nasional.

“Karena dengan adanya gim lokal di turnamen skala nasional, tentunya para atlet esports dan juga para komunitas akan semangat untuk bermain gim itu sendiri. Akhirnya nanti akan memicu kepada pengembangan dari ekosistem esports yang ada di dalam negeri,” kata Debora saat dijumpai di Jakarta Pusat, Jumat.

Selain kedua gim lokal itu, beberapa cabang gim yang akan dipertandingkan dalam acara PPE ini adalah Mobile Legends: Bang Bang (MLBB) dan MLBB Women.

Ketua Penyelenggara Piala Presiden Esporst 2023 Rangga Danu Prasetyo mengatakan setelah melalui berbagai babak kualifikasi, Piala Presiden Esports 2033 akan menggelar babak main event di Tennis Indoor Senayan pada 21 dan 22 Oktober.

Empat tim esports profesional Mobile Legends: Bang Bang yang akan bertanding adalah AURA Fire, EVOS Legends, Rebellion Zion, dan Pendekar Esports.

Keempat tim tersebut akan melalui babak semifinal terlebih dulu yang akan digelar di hari pertama. Pemenang dari babak semifinal akan melaju ke babak grand final yang berlangsung di hari kedua untuk merebut gelar juara.

Kemudian, di tahun ketiga keikutsertaan Lokapala sebagai salah satu gim lokal yang dipertandingkan dalam Piala Presiden Esports, tim Mahadewa dan OPI Admirals akan bertarung.

Sementara itu, gim lokal Battle of Guardians masih menyisakan empat peserta yakni Yoking, UcupBaddman, Joddz, san Kayz yang akan bersaing.

Rangga juga menambahkan, kali ini untuk pertama kalinya Piala Presiden Esports mempertandingkan kejuaraan khusus perempuan melalui cabang gim Mobile Legends: Bang Bang Women. Dua tim yang akan bertanding adalah Bigetron Era dan RRQ Mika.


Baca juga: PB ESI kucurkan bonus untuk peraih medali SEA Games Kamboja
Baca juga: Timnas esport siap bertolak ke Rumania untuk kejuaraan dunia IESF 2023
Baca juga: Kisah sang penjaga jagat esport Indonesia


Pewarta: Lifia Mawaddah Putri
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2023