Penghargaan yang diperoleh itu dapat terus memotivasi pemangku kepentingan dalam menangani berbagai persoalan yang muncul berlebel agama,"
Banda Aceh (ANTARA News) - Guru Besar Institut Agama Islam Negeri Ar-Raniry Darussalam Banda Aceh Syahrizal Abbas menyatakan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pantas menerima penghargaan dari sebuah LSM di Amerika Serikat karena kerukunan umat beragama di Tanah Air semakin baik.

Syarizal Abbas di Banda Aceh, Rabu, mengatakan bahwa Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dinilai telah mampu membuka ruang untuk munculnya keberagaman agama di Indonesia sehingga menjadi sebuah iklim positif dalam kehidupan umat beragama.

"Penghargaan yang diperoleh itu dapat terus memotivasi pemangku kepentingan dalam menangani berbagai persoalan yang muncul berlebel agama," katanya.

Menurut dia, konflik berlebel agama hampir terjadi di seluruh belahan dunia dan Indonesia dinilai memiliki peran yang cukup baik dalam mengatasi persoalan tersebut.

"Kami berharap dengan penghargaan yang diperoleh ini pemimpin negara dapat terus proaktif dan mengeluarkan kebijakan konkret dalam penanganan konflik dan kekerasan berlebel agama," katanya.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menerima award dari sebuah LSM The Appeal of Conscience Foundation (ACF) di Amerika Serikat karena dianggap berhasil menjaga kerukunan beragama di Indonesia.

Syahrizal mengatakan bahwa Pemerintah juga harus memberi jaminan keamanan dan keselamatan kepada seluruh pemeluk agama agar bisa melaksanakan berbagai kegiatan ibadah, terutama bagi penganut agama yang berada di daerah mayoritas.

"Kerukunan umat beragama yang telah terbina dengan baik selama ini agar dapat terus dipelihara dalam mewujudkan kedamaian di seluruh Tanah Air," demikian Syahrizal.
(KR-IFL/D007)

Pewarta: Muhammad Ifdhal
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013