Jakarta (ANTARA) - Kedutaan Besar Prancis di Indonesia, Institut Français Indonésie (IFI), dan Business France Indonesia didukung oleh Disciples d’Escoffier Indonesia untuk kali pertama menyelenggarakan pekan gastronomi Prancis di Indonesia bertajuk “Le Goût de France - Cita rasa Prancis, j'adore!” dari 12-19 Oktober 2023.

Seni kuliner Prancis sering kali dikenal melalui restoran-restoran ternama dan eksklusif. Padahal, restoran sejenis bistro dan brasserie, toko-toko roti dan kue, maupun kafe-kafe juga menawarkan produk- produk dengan harga terjangkau.

Gastronomi Prancis juga merupakan masakan keluarga dengan resep-resep yang diwariskan turun temurun dari generasi ke generasi. Seperti di Indonesia, keramahtamahan dan kesenangan berbagi, pertukaran dan rasa ingin tahu menjadi inti dari hidangan Prancis. Seni tata boga Prancis oleh UNESCO dimasukkan ke dalam warisan budaya tak benda umat manusia pada tahun 2010.

"Pekan gastronomi ini merupakan kesempatan bagi masyarakat Indonesia untuk mengenal dengan lebih baik keragaman gastronomi Prancis dan mempromosikan pertukaran kuliner dan budaya antara Prancis dan Indonesia," ujar Duta Besar Prancis untuk Indonesia, Timor Leste, dan ASEAN Fabien Penone melalui keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu.

Baca juga: Buku gastronomi Indonesia juarai Gourmand World Cookbook Awards 2023
 
Kedutaan Besar Prancis di Indonesia, Institut français Indonésie (IFI), dan Business France Indonesia didukung oleh Disciples d’Escoffier Indonesia menyelenggarakan pekan gastronomi Prancis di Indonesia bertajuk “Le Goût de France - Cita rasa Prancis, j'adore!” dari 12-19 Oktober 2023. (ANTARA/HO/IFI)


Pekan gastronomi Prancis di Indonesia melibatkan lebih dari 150 restoran dan lembaga-lembaga mitra di seluruh Nusantara di antaranya Jakarta, Bandung, Bogor, Jambi, Seminyak, Denpasar, Sanur, Ubud, Makassar, Medan, Pasuruan, Surabaya, Tangerang, dan Yogyakarta.

Selama sepekan, beragam acara akan diselenggarakan seperti menu ala Prancis yang dihidangkan di restoran-restoran mitra, perlombaan, pemutaran film, pertemuan dan diskusi, serta kelas memasak.

Sebanyak lima belas demo memasak telah dijadwalkan dan akan diadakan di sejumlah sekolah menengah kejuruan dan perguruan tinggi. Terakhir, lomba resep Prancis terbaik tingkat nasional telah diluncurkan di Instagram. Lomba ini terbuka bagi siapa saja.

Nantinya, sebanyak sepuluh orang pembuat video terbaik akan diundang ke grand final yang akan diselenggarakan di Jakarta pada tanggal 19 Oktober 2023. Pada kesempatan tersebut, dewan juri yang terdiri atas chef-chef dari Prancis dan Indonesia, termasuk Gilles Marx sebagai Ketua Himpunan Murid Escoffier Indonesia, akan menentukan pemenangnya.

Hadiah utama adalah perjalanan ke Prancis untuk mengenal kuliner khas Prancis (mencakup tiket pesawat pergi-pulang, uang saku, akomodasi untuk satu minggu, dan visa).

Baca juga: PNJ dan IFI berkolaborasi dalam pendidikan dan kebudayaan Prancis

Baca juga: IFI buka peluang Universitas Brawijaya kerja sama dengan PT di Prancis

Baca juga: Kemenparekraf dorong film pendek lokal eksis ke kancah global


 

Pewarta: Ahmad Faishal Adnan
Editor: Satyagraha
Copyright © ANTARA 2023