kolaborasi ini tidak hanya sebatas olahraga tetapi bisa tetap berlanjut untuk masa depan
Jakarta (ANTARA) - Komite Olimpaide Indonesia (NOC Indonesia) berkolaborasi dengan Kedutaan Besar Prancis untuk Indonesia, dalam rangka mensosialisasikan Olimpiade 2024 Paris yang akan berlangsung mulai 26 Juli sampai 11 Agustus.

“Kami kedatangan tamu dari Kedubes Prancis untuk menjalin kerja sama dalam rangka Road to Olympics,” kata Wakil Sekretaris Jenderal KOI Cresida Mariska di Jakarta, Sabtu.

Cresida melanjutkan, kedua pihak membicarakan tentang sejumlah program yang telah didiskusikan sebelumnya, mulai dari pameran foto, beasiswa atlet, hingga acara peringatan Hari Perempuan Internasional.

"Tentunya juga tidak lupa untuk kita sama-sama menentukan persiapan menjuju Olimpiade 2024 Paris dan melakukan beberapa kegiatan sports diplomacy, yang nantinya juga manfaatnya bisa dirasakan dan dinikmati pejuang-pejuang atlet Indonesia yang akan bertanding di Paris 2024,” ujar Cresida.

Sementara itu, Konselor Bidang Kerja Sama dan Kebudayaan Kedutaan Besar Prancis untuk Indonesia, Jules Irrmann, mengatakan sangat antusias dengan kolaborasi bersama KOI.

Menurutnya, lewat kerja sama ini, Prancis sebagai tuan rumah Olimpiade 2024 memiliki jaringan untuk bisa meneruskan nilai-nilai Olympism ke masyarakat Indonesia melalui berbagai macam aktivitas yang akan dilakukan.

“Kami akan bekerja sama dengan NOC Indonesia untuk membuat aktivasi di masyarakat umum seperti pameran dan acara kebudayaan untuk mengetahui arti dari Olimpaide dan khususnya untuk menyebarkan nilai-nilai Olympism,” kata Irrmann.

Ia pun berharap kerja sama antara KOI dan Kedutaan Besar Prancis untuk Indonesia bisa berlanjut dengan baik ke depannya, dan tidak hanya sebatas persiapan Olimpiade yang tinggal hitungan bulan lagi.

“Kami sangat antusias bahwa kolaborasi ini tidak hanya sebatas olahraga tetapi bisa tetap berlanjut untuk masa depan, khususnya yang kita diskusikan hari ini, seperti kemungkinan beasiswa pelatihan di Prancis, pertukaran pelajar, dan lainnya,” kata Irrmann.

“Juga kampanye promosi dari nilai-nilai Olympism di sekolah-sekolah dan itulah beberapa hal yang akan bertahan lama dan berkelanjutan ketika Olimpiade telah berakhir,” ujarnya menambahkan.

Baca juga: KOI berharap hasil pemilu 2024 dorong olahraga kian berprestasi

Baca juga: KOI harapkan presiden terpilih angkat olahraga ke kancah Olimpiade

Baca juga: KOI dan Tim Ad Hoc PBSI perkuat komunikasi jelang Olimpiade Paris


Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024