Kami berharap kerja sama UIKA dengan berbagai perguruan tinggi secara nasional maupun internasional meningkatkan kapasitas dan kualitas SDM di Indonesia dan Asia
Kota Bogor (ANTARA) - Universitas Ibn Khaldun (UIKA) Bogor, Jawa Barat menjalin kerja sama bidang akademik dengan Prince Songkla University di Thailand untuk meningkatkan kualitas pendidikan secara internasional di kawasan Asia.

Rektor UIKA Bogor Profesor Mujahidin di Kota Bogor, Minggu, mengatakan dengan kerja sama di tingkat daerah, provinsi, nasional hingga internasional dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) bersama perguruan tinggi.

Baca juga: UIKA buka pogram RPL konversi pengalaman kerja jadi capaian SKS

"Kami berharap kerja sama UIKA dengan berbagai perguruan tinggi secara nasional maupun internasional meningkatkan kapasitas dan kualitas SDM di Indonesia dan Asia," katanya di Bogor, Minggu.

Mujahidin menjelaskan berbagai kegiatan yang sudah dituangkan ke dalam kerja sama di antaranya penyelenggaraan konferensi internasional, publikasi ilmiah, pertukaran dosen dan mahasiswa serta kunjungan profesor kini telah dikukuhkan di dalam nota kesepahaman untuk menguntungkan kedua pihak.

Rektor UIKA Profesor Mujahidin bersama tim juga telah berkesempatan untuk mengunjungi sejumlah universitas di Thailand pada Jumat, (6/10) sekaligus memantau mahasiswa yang sedang melakukan KKN di Songkhla Thailand.

Adapun rangkaian kunjungan kerjasama tersebut, dengan melakukan diskusi dan juga dialog dengan Prince Songkla University, sebagai inisiasi kerja sama internasional ke Universitas Prince of Songkla di Songkhla, Thailand.

Baca juga: UIKA panggil dosen terduga kasus pelecehan seksual dosen-mahasiswa

"Diskusi yang membahas tentang peningkatan kualitas pendidikan dengan Prince Songkla University sangat menarik dan perlu dikembangkan. Mereka memiliki banyak potensi begitu juga UIKA," katanya.

Menurut Wakil Rektor Bidang Kerja Sama, Inovasi dan Pengembangan UIKA Bogor Budi Susetyo menyampaikan tur kerja sama yang dilakukan UIKA Bogor tak lain untuk menjalin kerjasama akademik antara kedua institusi.

Selain kunjungan kerja sama internasional dengan Universitas Prince of Songkla di Songkhla, rektor dan tim kerja sama internasional juga berkesempatan melakukan kunjungan kerjasama dengan Fatoni University Thailand.

Baca juga: UIKA dan LKBN ANTARA BPJ gagas kerja sama Tri Dharma Perguruan Tinggi

Pewarta: Linna Susanti
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2023