Moskow (ANTARA News) - Para pejabat Rusia, Amerika Serikat dan Perserikatan Bangsa Bangsa akan bertemu pekan depan untuk mempersiapkan konferensi perdamaian yang diusulkan pada Juni antara pihak-pihak yang bertikai di Suriah, kata pejabat PBB dan AS, Kamis.

"Kami dapat mengonfirmasi bahwa pada 5 Juni 2013 di Jenewa, para pejabat AS, Rusia dan PBB akan mengadakan pertemuan segitiga untuk mempersiapkan konferensi internasional mengenai Suriah yang diharapkan melalui inisiatif AS-Rusia," kata Juru Bicara PBB dalam satu pernyataan.

Pertemuan tersebut disepakati dalam pembicaraan pekan lalu antara Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov dan Menlu AS John Kerry, kata juru bicara Deplu Jen Psaki.

Pertemuan ini akan diikuti Wakil Menteri Luar Negeri Wendy Sherman, pejabat Asisten Menteri Luar Negeri AS Beth Jones, Utusan PBB-Liga Arab Lakhdar Brahimi dan Wakil Menlu Bidang Politik Jeffrey Feltman.

Kantor berita milik pemerintah Rusia RIA Novosti mengatakan Wakil Menlu Rusia Mikhail Bogdanov juga akan ambil bagian dalam pertemuan tersebut.

Lavrov dan Kerry mengatakan pada 7 Mei bahwa mereka akan mencoba untuk membawa Pemerintah Suriah dan pihak oposisi ke perundingan sesegera mungkin untuk melakukan pembicaraan yang bertujuan mengakhiri 26 bulan konflik Suriah yang telah menewaskan sekitar 80.000 orang.

Namun kapan konferensi diadakan belum ditetapkan, demikian seperti yang dilaporkan Reuters.

Lavrov menuduh oposisi Koalisi Nasional Suriah merusak upaya perdamaian setelah mengatakan pada Rabu bahwa pihaknya akan ikut ambil bagian dalam konferensi hanya jika tenggat waktu ditetapkan untuk penyelesaian yang akan memaksa Presiden Suriah Bashar al-Assad meninggalkan kekuasaan.


Penerjemah: Askan Krisna

Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2013