Kami sangat membutuhkan bantuan pemerintah pusat untuk mengerjakan proyek-proyek strategis di Kepri.
Tanjungpinang (ANTARA) - Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) Ansar Ahmad meminta dukungan kepada Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk membangun sejumlah proyek strategis di daerah ini.

"Kami sangat membutuhkan bantuan pemerintah pusat untuk mengerjakan proyek-proyek strategis di Kepri," kata Gubernur Ansar Ahmad saat berkunjung ke Kantor Kementerian PUPR, di Jakarta, Senin.

Dalam kesempatan itu, Gubernur Ansar diterima untuk beraudiensi dengan Direktur Jenderal (Dirjen) Cipta Karya Kementerian PUPR Diana Kusumastuti.

Ansar mulanya memaparkan laporan terkait revitalisasi Pulau Penyengat di Kota Tanjungpinang sudah memasuki tahap dua, dengan total anggaran senilai Rp25 miliar.

Pada saat revitalisasi tahap dua, kata dia, Pemprov Kepri memperbaiki dan meningkatkan kualitas jalan yang ada di Pulau Penyengat sepanjang 3,462 kilometer. Kemudian, membangun saluran drainase yang dilengkapi saluran utilitas dan kelengkapan jalan.

"Kami juga akan melanjutkan revitalisasi Pulau Penyengat tahap ketiga, termasuk di dalamnya melanjutkan sisa perbaikan jalan yang masih belum terselesaikan pada tahap dua. Ada juga pengembangan rumah adat serta pembangunan Tugu Bahasa," ujar Ansar.

Selain itu, Gubernur Ansar juga meminta dukungan pihak Kementerian PUPR untuk mendukung pembangunan rumah sakit umum daerah (RSUD) di Pulau Kundur, Kabupaten Karimun. Lalu pembangunan pasar tipe C di Kabupaten Anambas, serta optimalisasi air bersih di Kota Tanjungpinang.

Pembangunan rumah sakit di Pulau Kundur sudah lama diusulkan ke pemerintah pusat untuk memberikan pelayanan kesehatan yang prima kepada warga setempat.

Begitu juga dengan ketersediaan air bersih di Tanjungpinang, serta pentingnya revitalisasi Pulau Penyengat pada tahap III.

"Kami ingin Tanjungpinang sebagai pusat ibu kota, lebih dipandang dan layak dijadikan berandanya Kepri, bahkan beranda Indonesia," ungkap Ansar.

Sementara itu, Dirjen Cipta Karya Diana Kusumastuti menyambut baik pemaparan pembangunan proyek strategis yang disampaikan Gubernur Ansar Ahmad.

Diana juga mengapresiasi semangat pembangunan di Kepri yang penuh dengan tantangan, karena statusnya sebagai daerah kepulauan.

"Kami akan mendukung sepenuhnya revitalisasi Pulau Penyengat tahap ketiga. Begitu juga dengan rencana proyek-proyek lainnya. Pembahasan ini akan kami laporkan ke Menteri PUPR untuk dibahas lebih lanjut," ujar Diana pula.
Baca juga: Gubernur Kepri paparkan proyek strategis kepada Deputi Kemenko Marves
Baca juga: Pemprov Kepri pinjam Rp180 miliar ke PT SMI biayai 7 proyek strategis

Pewarta: Ogen
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023