ini sarana kolaborasi dan silaturahmi kita dengan teman-teman desa wisata dan UMKM sehingga lebih optimal dalam mempromosikan wisata juga UMKM
Kabupaten Bogor (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Bogor, Jawa Barat, melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbubdpar) menggelar kembali Jambore Wisata Desa pada 7-9 November 2023 di Desa Tugu Utara Kecamatan Cisarua,

Kepala Disbudpar Kabupaten Bogor Deni Humaedi di Cibinong, Bogor, Senin, menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan upaya pemerintah dalam mendorong optimalisasi promosi dan perkembangan desa wisata di daerahnya.

"Jambore ini sarana kolaborasi dan silaturahmi kita dengan teman-teman desa wisata dan UMKM sehingga kita bisa lebih optimal dalam mempromosikan wisata juga UMKM," kata dia.

Menurut dia, berbekal pengalaman di tahun 2021, Jambore Wisata Desa menjadi sarana yang efektif dalam mendorong perkembangan dan kemajuan desa wisata di Kabupaten Bogor.

Deni mengungkapkan kegiatan ini memberikan efek domino. Salah satunya, membuat jumlah desa wisata di Kabupaten Bogor terus mengalami perkembangan dari yang semula hanya 28 desa, menjadi 70 desa wisata, dan ditargetkan menjadi 100 desa wisata pada tahun 2023.

Baca juga: Pemkab Bogor siapkan persediaan 298 ton beras antisipasi bencana

Baca juga: Pemkab Bogor siapkan penampungan sementara pedagang Pasar Leuwiliang


“Sebab UMKM, desa wisata dan kuliner menjadi satu kesatuan yang tidak bisa terpisahkan sehingga promosinya harus berbarengan salah satunya melalui Jambore Wisata Desa ini. Tidak hanya wisata yang meningkat perekonomiannya juga baik pelaku usaha UMKM juga kulinernya,” papar Deni.

Sementara, Ketua Asosiasi Desa Wisata Kabupaten Bogor Deni Amar menjelaskan keberadaan desa wisata saat ini menjadi tren positif di Kabupaten Bogor sejak awal berdiri di Kecamatan Tamansari pada tahun 2009.

"Dengan semangat para pengelola desa wisata selama 11 tahun kini desa wisata semakin maju terlebih dengan adanya kegiatan Jambore Wisata Desa yang pertama diselenggarakan pada tahun 2021," kata Deni Amar.

Bahkan, kata dia, kini beberapa desa wisata Kabupaten Bogor sudah diakui baik di tingkat nasional maupun internasional seperti Desa Wisata Purwabakti Pamijahan dan Desa Wisata Batulayang Kecamatan Cisarua.

“Dengan Jambore Wisata Desa ini selain media promosi juga sarana silaturahmi, kita bisa melakukan 'sharing' diskusi dengan desa wisata lainnya bagaimana strategi pemasaran yang baik," tuturnya.

Baca juga: Pemkab Bogor batal relokasi pedagang Pasar Leuwiliang ke terminal

Baca juga: Pemkab Bogor sosialisasi kebijakan pasang info harga sembako di pasar

Pewarta: M Fikri Setiawan
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023